Tak hanya tubuh, mental pun lebih sehat karena puasa

Ilustrasi. (urbanhire)

(KANALACEH.COM) – Puasa di bulan suci Ramadanmenjadi suatu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Esensi puasa Ramadan adalah spiritual. Bagaimanapun, bulan suci ini menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh dan pikiran.

Diriwayatkan Abu Nuaim, Nabi Muhammad mengatakan, “berpuasalah dan menjadi sehat.” Bahkan ilmu pengetahuan pun membuktikan bahwa Ramdan adalah bulan yang penuh berkah. Tak hanya itu, puasa dinilai oleh sebagaian peneliti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Puasa ternyata memberi manfaat luar biasa bagi metabolisme tubuh.

Salah satu manfaat berpuasa adalah menghilangkan racun dalam tubuh. Dikutip dari BBC, saat tubuh tidak makan dan minum sekitar 12 jam, sel-sel dan organ tubuh yang berhubungan dengan saluran cerna ikut beristirahat. Hal ini akhirnya membuat tubuh melakukan detoksifikasi.

Tumpukan lemak dan racun yang berada di dalam tubuh dipaksa keluar. Alhasil, tubuh terasa lebih bugar karena proses regenarasi sel berjalan lancar. Selain membersihkan racun dalam tubuh, berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan:

Menghilangkan kecanduan

Puasa memberikan waktu tubuh untuk berhenti sejenak dari segala rutininas yang dapat membantu menghilangkan kecanduan makanan.

Mengatur nafsu makan

Ketika seseorang berpuasa, tubuh akan memiliki ritme makan berbeda. Selama satu bulan berpuasa inilah, tubuh terbiasa dengan ritme makan berporsi kecil, sehingga dapat mengontrol nafsu makan dengan baik. Perlu pula Anda ketahui, ketika berpuasa lemak pada perut seseorang juga akan berkurang, sehingga berat badan bisa turun secara bertahap.

Menjaga kesehatan mental

Selama Ramadan, anggota keluarga sering duduk untuk berbuka puasa bersama-sama. Mereka juga sering mengunjungi rumah kerabat dan teman-teman untuk berbuka puasa bersama. Aspek komunal puasa itu telah terbukti berdampak baik kepada kesehatan mental. [Okezone]

Related posts