Sampah masih jadi momok dilokasi wisata Sabang

Komunitas peduli lingkungan membersihkan sampah di setiap lokasi wisata di Sabang. (Kanal Aceh/DA)

Sabang (KANALACEH.COM) – ‘Buanglah sampah pada tempatnya’ kalimat ini sudah sangat familiar ditelinga, bahkan sudah di instruksikan hampir disetiap kegiatan sebagai kampanye akan kebersihan.

Akan tetapi poster, spanduk, dan papan himbauan sebagai media menyampaikan pesan agar selalu menjaga kebersihan, nyaris hanya sebagai pajangan sekedar bacaan tanpa ikut berpartisipasi.

Pengurus FKH Teurawah Riza Putra Kurnia kepada KANALACEH.COM mengatakan, musim liburan juga menjadi musim sampah hampir di semua kawasan wisata tak terkecuali Kawasan Kilomoter NOl (KM 0) Sabang yang berada diwilayah paling Barat Indonesia.

“Kami bukan tidak mendukung kemajuan pariwisata, akan tetapi kami mengajak dan menghimbau masyarakat serta pengunjung untuk sama-sama menjaga kebersihan disekitar dengan tidak nyampah sembarangan” kata Riza saat berbincang dilokasi KM 0 Sabang, Jumat (22/6).

Pihaknya mengakui mendapat laporan dari Sahabat Kota yang bertugas dilokasi tersebut, menanggapi hal itu dirinya bersama beberapa komunitas pemerhati lingkungan lainnya langsung menuju lokasi Tugu KM 0 itu.

Ini sudah menjadi tugas umat manusia di Bumi untuk menjaga dan melestarikan kebersihan, untuk itu Riza berharap kepada pengunjung dan masyarakat disekitar supaya memiliki rasa tanggung jawab akan kebersihan, kalau bersih pasti nyaman.

Riza menyarankan kepada Pemerintah Kota Sabang agar membuat papan himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Tujuannya agar membangkitkan kesadaran dan rasa tanggung jawab dengan sampah milik sendiri dengan membuang pada tempatnya,” terangnya. [DA]

Related posts