Bisnis melambat, Samsung akan tutup pabrik di China

Pabrik samsung. (techno.id)

(KANALACEH.COM) – Samsung dilaporkan akan memberhentikan operasi salah satu pabrik pembuat ponsel di China. Hal ini lantaran melambatnya pertumbuhan penjualan ponsel mereka di negara itu ditambah biaya tenaga kerja yang terus meningkat.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mungkin akan memberhentikan pembuatan ponsel di Tianjin Samsung Telecom Technology. Dikutip dari Detik.com, Selasa (14/8), Samsung mengatakan kepada South Korea’s Electronic Times pada Selasa (14/8) bahwa nasib pabrik yang terletak di kota Timur Laut Tianjin ini masih belum ditentukan.

Melambatnya permintaan ponsel Samsung terbaru, Galaxy S9 dan S9 plus pada kuartal kedua tahun ini agaknya membuat perusahaan waspada. Hal itu ditandai dengan turunnya pendapatan pada divisi ponsel yang mencapai 22% pada kuartal kedua menjadi USD 20,2 miliiar.

Tianjin merupakan salah satu dari dua pabrik pembuat ponsel Samsung di China. Pabrik ini membuat 36 juta unit ponsel per tahunnya. Sedangkan, pabrik lainnya yang berlokasi di pusat kota Huizhou memroduksi 72 juta unit ponsel per tahunnya.

Beberapa tahun terakhir, Samsung fokus pada produksi smartphone yang dilakukan di Vietnam. Pabrik di sana mampu memproduksi hampir 240 juta unit per tahunnya.

Samsung pun turut fokus pada pabriknya di India. Sebulan lalu mereka memperluas pabrik di Noida, Uttar Pradesh. Diharapkan mampu memproduksi 120 juta unit per tahun pada 2021. []

Related posts