Instagram bantu orang tua pantau aktivitas online anak

Studi: Instagram pengaruhi milenial pilih destinasi liburan
ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Lewat blog resminya, Instagram merilis fitur panduan untuk orang tua agar bisa memantau apa saja yang dilakukan oleh anak-anak remaja mereka serta mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan saat bermain di platform Instagram.

“Kami tahu banyak orang tua berpikir mengenai apa yang anak-anak mereka lakukan di online, untuk itulah kami membuat fitur panduan orang tua (Parents Guide).” ujar Chief Operating Officer Instagram Marne Levine dilansir laman Detik.com┬ápada Minggu (9/9).

Dijelaskan Levine, hadirnya fitur tersebut untuk membantu orang tua belajar lebih banyak tentang bagaimana remaja menggunakan Instagram serta memastikan dan memberikan orangtua rasa aman bahwa Instagram adalah aplikasi postif, aman dan layak untuk digunakan anak-anaknya.

Ads

Fitur Parents Guide Instagram memiliki tiga fokus utama yaitu bagaimana cara mengelola akun privasi, interaksi dengan pengguna lain dan berapa lama waktu yang dihabiskan di Instagram.

Lebih lanjut lewat panduan ini, Instagram juga memberikan informasi mengenai tata cara dalam menyaring komentar-komentar tak pantas, memblokir akun-akun pengguna yang tak diinginkan, dan masih banyak lagi.

“Kami telah menyertakan dasar-dasar aplikasi kami dan deskripsi alat kami ditambah panduan diskusi tentang bagaimana orang tua dapat memiliki percakapan terbuka dengan remaja mereka tentang Instagram.” tambahnya.

Untuk merancang fitur ini, Instagram berkolaborasi dengan banyak lembaga yang ahli di bidang pendidikan dan media sosial seperti PTA Nasional, Gramedia, PACER’s National Bullying Prevention Centre dan masih banyak lagi.

“Saya bekerja di Instagram dan saya juga orang tua. Dengan sudut pandang itu, seperti kebanyakan orang tua yang bekerja di sini, kami berkomitmen berada di sini setiap langkah untuk memastikan orang tua dan remaja mereka memiliki alat yang dibutuhkan untuk membuat pilihan yang tepat, ” tutup Levine. []

Ads