Trash Hero Pulau Banyak peringati Hari bersih se dunia

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Komunitas Trash Hero Pulau Banyak, Aceh Singkil peringati hari bersih-bersih sedunia (World Cleanup Day) di beberapa pulau di Kepulauan Banyak.

Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan serentak di 150 Negara, dan salah satunya di Pulau Banyak. Dengan jumlah relawan keseluruhan mencapai 13 juta.

Ketua Harian Trash Hero Pulau Banyak, Hafiz Kurniawan mengatakan, World Cleanup Day di Pulau Banyak dilakukan di pantai Ujung Tiram dan Tapus – Tapus dan diikuti 52 peserta.

Ads
Relawan Trash Hero Pulau Banyak. (IST)

“Kita selenggarakan di pantai Ujung Tiram dan Pulau Tapus Tapus, kegiatan ini adalah kegiatan gotong royong terbesar di dunia, WCD di Pulau Banyak sendiri diikuti 52 peserta, ada dari Koramil 01/Pulau Banyak, anggota pramuka SMA N 1 Pulau Banyak serta beberapa orang wisatawan mancanegara,” katanya pada Minggu (16/9).

Kegiatan ini juga bagian dari menumbuhkan kesadaran untuk masyarakat dan wisatawan untuk menjaga alam.

Pulau Banyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang cukup indah di Aceh. Ada sekitar 60an pulau yang memiliki pesona tersendiri. Apalagi, di Kepulauan Banyak terdapat lokasi surfing bertaraf Internasional.

Sehingga, kata dia, jika tidak diselamatkan dari sampah akan berdampak buruk kedepannya. Ia mengajak semua elemen maupun wisatawan untuk tetap menjaga lingkungan saat berada di Pulau Banyak, dengan tidak membuang sampah ke laut.

“Mari kita sama sama mebersihkan daerah wisata ini. World Cleanup Day ini salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memerangi masalah sampah di darat dan di laut,” pungkasnya. [Randi]

Ads