45 kantong jenazah korban tsunami ditemukan, 4 teridentifikasi

Warga shalat kan jenazah. (ist)
--Ads--
loading...

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Total jumlah jenazah korban tsunami yang ditemukan di halaman rumah warga di Dusun Lemseunong, Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar berjumlah 45 kantong jenazah.

Laki-laki berjumlah 25 dan perempuan 20 jenazah. Empat diantaranya dapat diidentivikasi masing-masing yaitu atas nama Mariam Husin, alamat Ule Jurong Baroh, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie. Almarhum Mariam dapat diidentivikasi melalui KTP merah putih yang masih utuh.

Kemudian petugas juga menemukan Surat Izin Mengemudi di kantong jenezah atas nama Sri Yunida. Sementara satu orang lainnya diketahui dari kartu mahasiswa yang masih melekat di pakaian korban, atas nama Faizal Reza. Kemudian, satu lagi atas nama Burhanuddin.

Ads

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, T Ahmad Dadek mengatakan, 45 jenazah itu akan dikuburkan di tempat pemakaman umum di desa setempat.

Namun, jenazah atas nama Sri Yunida, akan diserahkan ke keluarga. “Sri Yunida akan diambil sama keluarganya,” sebut Dadek saat di wawancarai waratwan, Rabu (19/12).

salah satu identitas yang ditemukan. (ist)

Kuburan massal ini, kata Dadek, sebelumnya tidak diketahui oleh masyarakat sekitar. Sebab pada saat bencana tsunami terjadi warga asli Dusun Lamseunong, Khaju hampir semua jadi korban.

“Sekitar 85 persen jadi korban, karena daerah tersebut merupakan salah satu daerah terparah dampak gempa dan tsunami dan hanya sekitar 15 persen warga yang tersisa dan mengungsi ke daerah lain,” katanya.

Lokasi ini adalah bekas kuburan massal yang dibuat oleh para relawan, pada masa darurat pasca tsunami. Sehingga, tidak ada tanda yang diberikan karena darurat.

Sementara itu seorang warga, Muhammad Yahya (73) mengaku, lokasi penemuan jenazah tersebut awalnya adalah kebun kosong yang telah ditinggal oleh pemiliknya.

Yahya tidak menyangka, jumlah jenazah yang ditemukan terus berambah. “Saya tidak menyangka akan banyak sekali, awalnya cuma dua mayat,” ujarnya. [Randi]

Ads