Warga temukan kuburan massal korban tsunami di Kajhu

--Ads--
loading...

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Sekitar 30 jenazah korban Tsunami Aceh 2004 silam yang terletak di samping rumah warga di Dusun Lamseunong, Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh ditemukan warga, pada Rabu (19/12).

Penemuan ini sontak membuat warga sekitar kaget dan berbondong-bondong menggali tanah diarea ditemukannya puluhan jenazah itu.

Kepala Dusun Lamseunong, Nisam mengatakan, awalnya pemilik rumah sedang menggali tanah untuk membuat saluran air. Namun, ia kaget saat menggali menemukan jenazah yang terbungkus plastik hitam.

Ads

Mengetahui bahwa itu mayat, pemilik rumah langsung melaporkan hal itu ke Kepala Desa setempat. Kemudian, dilakukan penggalian menggunakan alat berat.

Semua kerangka berbalut plastik hitam lalu dikumpulkan satu per satu dan selanjutnya dikafankan secara Islami.

“Kita akan kuburkan kembali di desa kita, ini kan mayatnya sudah tinggal tulang, jadi sulit kita kenali,” kata Nisam saat diwawancarai wartawan.

Nisam menyebutkan, selama ini lokasi itu tidak ada tanda-tanda bahwa ada kuburan massal. “Tidak ada tanda-tanda (kuburan massal) sebelumnya,” ucapnya.

Desa Kajhu, lanjut dia, memang salah satu daerah yang banyak memakan korban saat tsunami 2004 lalu. Disamping itu, masih banyak warga sekitar yang belum menemukan jenazah keluarganya saat tsunami dlu.

Sehingga, warga sekitar banyak mendatangi ditemukannya kuburan massal tersebut. Hingga saat ini, penggalian menggunakan alat berat masih dilakukan. [Randi]

Ads