Alasan orang jadi malas beli iPhone

(Foto: Ukbusinnes.com)


(KANALACEH.COM) – Iphone memang mahal, tapi belakangan harganya makin tinggi dan membuat kian banyak calon konsumen mundur. Banyak pula orang yang sudah malas berganti iPhone. Begitulah opini kolumnis teknologi ini soal goyahnya apple

Saham Apple terjun 10% pada Kamis (3/1), sehari setelah CEO Tim Cook mengumumkan turunnya proyeksi pendapatan. Nilai saham Apple jadi USD 142,19 per saham saat pasar ditutup, nilai terendah sejak bulan Juli 2017. Hal itu jelas dipengaruhi melambatnya penjualan iPhone. 

“Sederhana saja, iPhone baru terlampau mahal. Mulai USD 749 untuk iPhone XR dan USD 999 untuk Iphone Xs. Juga produk lain, termasuk iPad Pro baru yang dimulai USD 799 serta MacBook Air baru mulai USD 1.199,” tulis Raymond Wong dari Mashable yang dikutip laman Detik.com.

“Sebagai reviewer, saya masih yakin bahwa meski dijual USD 749,  Iphone XR bagus value-nya. Tapi saya mengerti itu adalah jumlah besar uang bagi sebagian orang,” papar dia. 

Banderol tersebut tentu berat bagi warga di negara berkembang seperti India yang gajinya pas-pasan. Mereka pun beralih ke ponsel Android, khususnya asal China, yang jauh lebih murah dan sudah baik kualitasnya. 

Ditambah lagi saat ini, banyak konsumen merasa tidak perlu membeli iPhone edisi terbaru. Pasalnya, iPhone lama mereka masih baik-baik saja. 

“Saya tahu banyak orang masih memakai iPhone lama. Mereka suka dengan headphone jack yang ada. IPhone lama itu bekerja dengan baik dan bahkan lebih cepat karena iOS 12 meningkatkan performa. Mereka suka dengan tombol home fisik dan Touch ID. Baterai baru memperbaiki segalanya, ” tandasnya. 

Maka, makin banyak orang menganggap iPhone baru tidak terlampau penting. “Sudah seperti televisi. Apakah Anda butuh televisi baru setiap tahun? Tentu saja tidak,” tambah Raymond. []

Related posts