Dorong partisipasi pemilih, KIP Banda Aceh rekrut relawan demokrasi

(ist)
--Ads--

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, merekrut relawan demokrasi untuk pemilu 2019. Kehadiran relawan demokrasi ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Komisioner KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali mengatakan,proses rekrutmen relawan demokrasi, dilakukan pada pada tanggal 11 – 17 Januari ini. Untuk penyerahan dokumen administrasi mulai tanggal 12 — 15 Januari 2019.

Bagi warga Kota Banda Aceh yang ingin bergabung menjadi relawan demokrasi dipersilahkan mendaftarkan langsung di KIP Banda Aceh atau bisa juga lihat informasinya di website resmi KIP Banda Aceh http://kip.bandaacehkota.go.id/.

Ads

“Program relawan demokrasi muncul juga dilatarbelakangi oleh inflasi kualitas memilih. Tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas, sebagian pemilih kita terjebak dalam pragmatism,” ungkap Yusri Razali selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendididkan Pemilih, Parmas dan SDM KIP Kota Banda Aceh seperti ketarangan tertulis yang diterima, Sabtu (12/1).

Yusri menambahkan, program relawan demokrasi  ini melibatkan 55 relawan dari  kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

“Pelopor-pelopor demokrasi tersebut dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh atau mengsosialisasikan tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu pada setiap komunitasnya,”

“Kehadiran relawan demokrasi ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu serentak 2019 secara optimal. Sehingga, partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,” pungkas Yusri. [Randi/rel]

Ads