Dayah Insan Qur’ani gelar kompetisi sains dan seni

(ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Dayah Insan Qur’ani menggelar aneka perlombaan bidang Sains dan Seni yang dikemas dengan Competition of Religion, Art, Science and education (CLASSIC) ke 3 tahun 2019 di Kampus dayah IQ, Gampong Aneuk Batee, Suka Makmur Aceh Besar selama 4 hari, mulai dari tanggal 12 – 15 Januari 2019. 

Kegiatan yang mengangkat tema  “to seen the unseen” dibuka pimpinan Dayah IQ, Ust. Muzakkir Zulkifli, dan diikuti 360 peserta dari 42 sekolah/Madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Ust Muzakkir mengatakan bahwa event ini digagas oleh Organisasi Santri Dayah Insan Qur’ani (Osdiq) dua tahun lalu sebagai pekan kreatifitas dan perlombaan antar santri IQ. Namun pada tahun ini, kegiatan Classic 3 terbuka untuk Sekolah/Madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar. 

Ads

Ia mengapresiasi para santri yang sukses melaksanakan kegiatan tersebut dengan tidak mengambil uang pendaftaran. 

“Alhamdulillah sebuah kesyukuran bagi kita, apa yang anak anak kita lakukan hari ini, saat kita masih sedang berbenah, mereka Osdiq mampu melaksanakan kegiatan ini tanpa ada uang pendaftaran, Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan untuk seluruh Aceh,” ujar Ust Muzakkir dalam pesan tertulis yang diterima Kanalaceh.com, Minggu (13/1).

Ia juga menyampaikan bahwa event Classic 3 ini sebagai motivasi dan pembelajaran bagi santri IQ untuk persiapan pada event-event di luar, dimana nantinya santri Insan Qur ani mampu mengukir prestasi gemilang pada Musabaqah dan perlombaan yang mereka ikuti. 

Bagi peserta terbaik satu setiap cabang perlombaan tingkat SD/MI, kata dia, akan mendapatkan tiket bebas tes masuk ke Dayah Insan Qur’ani. Namun ia menyampaikan permohonan maaf bagi jenjang SMP/MTs belum bisa memberikan bonus tersebut, mengingat jumlah santri baru yang diterima sangat terbatas. 

“Untuk tingkat Aliyah kami mohon maaf karena 80 persen lebih santri MTs IQ melanjutkan,” lanjut Ust Muzakkir. 

Pada kesempatan tersebut ia juga berterima kepada Kakanwil Kemenag Aceh, wali santri dan sponsor lainnya yang telah membantu menyukseskan kegiatan Classic 3. Selanjutnya Insan Qur’ani juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan lainnya. 

“Setelah kegiatan Classic, dilanjutkan dengan perayaan Maulid, pelantikan pengurus Osdiq baru dan Penerimaan Santri Baru,” jelas Ust Muzakkir. 

Acara pembukaan Classic 3 dimeriahkan penampilan kesenian daerah oleh Santri IQ, seperti didong Gayo, Likok puloe, Hadrah juga pemutaran Video ucapan selamat dari para alumni dan tokoh masyarakat untuk kesuksesan acara Classic 3, ikut menyampaikan selamat, Dai sejuta umat Ust Abdul Somad didampingi Ust Fadhil Rahmi, Qari Internasional H. Darwin Hasibuan, Kadis Pendidikan Dayah Aceh dan ucapan lainnya dari alumni IQ di beberapa negara. 

Ketua panitia Muhammad Ilham menyebutkan acara rutin ini merupakan wadah silaturrahmi Santri Insan Qurani dengan sesama pelajar dari sekolah lain di Aceh Besar dan Banda Aceh. Jadi, acara ini tidak semata mata hanya mencari siapa yang menang siapa yang kalah, tapi ada hal lain yang lebih penting yang ingin dicapai. 

“Terimakasih untuk ustad dan ustzah yang telah membimbing dan memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan ini,” ujar Ilham. 

Adapun cabang perlombaan Classic 3:

Tingkat SMP/MTs

1. Tahfizh 5 Juz

2. Tilawah Putra dan Putri

3. Pidato Bahasa Inggris

4. Pidato Bahasa Arab

5. Olimpiade IPA

6. Olimpiade IPS

7. Olimpiade Matematika

8. Berhitung Cepat

9. Rangking 1

10. Tenis Meja Ganda Putra

11. Tenis Meja Ganda Putri

12. Khat Naskhi

13. Cerdas Cermat

SD/MI

1. Tahfizh 2 Juz

2. Tilawah Putra & Putri

3. Olimpiade IPA

4. Olimpiade Matematika

5. Berhitung Cepat

[Randi/rel]

Ads Peringatan Tsunami ke 14
GAMIFest Panen Kopi 2018