Cara ‘sembunyikan’ chat WhatsApp

Whatsapp.(thenewsonline)

(KANALACEH.COM) – Punya teman yang suka pinjam hape lalu iseng membaca-baca chat WhatsApp-mu? Bila iya, ini ada cara agar pesan tidak dibaca si biang kepo, yakni dengan ‘menyembunyikan’ chat-chat itu.

Metode ini sebenarnya tidak benar-benar menyembunyikan pesan, karena hanya “diarsipkan” sebagaimana nama fitur WhatsApp tersebut. Dengan cara ini kita bisa ‘menyembunyikan’ chat tertentu, atau malah keseluruhan tanpa perlu menghapusnya. 

Lewat fitur Archive/Arsip ini pula, chat WhatsApp-mu bisa “disembunyikan” dari layar dan dimunculkan lagi bilamana dibutuhkan. Chat WhatsApp japri maupun grup bisa diarsipkan semua.

Tapi yang patut jadi perhatian adalah chat yang sudah kamu arsipkan itu akan otomatis muncul lagi di layar jika ada pesan baru yang masuk.

Nah, begini cara “menyembunyikan” chat WhatsApp:

– Untuk “menyembunyikan” chat tertentu:
Di layar chat, tap dan tahan chat yang ingin kamu sembunyikan. Di bagian atas, tepat di samping titik tiga, akan muncul ikon Archive/Arsip. Tinggal pilih ikon dengan tanda panah ke bawah tersebut dan chat-mu itu bakal masuk ke arsip dan takkan muncul di layar chat. 

– Untuk mengembalikan chat ke layar (Unarchive/Buka arsip):
Scroll ke bagian paling bawah layar Chat. Di situ kamu akan mendapati tulisan “Archive chat/Arsip chat”, diikuti jumlah chat mana yang sudah kamu arsipkan. Masuk ke bagian itu lalu tap dan tahan chat yang ingin kamu kembalikan ke layar, diikuti dengan memilih ikon Unarchive/Buka arsip (berbentuk tanda panah ke atas).

– Untuk “menyembunyikan” seluruh chat di layar:
Settings/Setelan > Chat > Chat history/Riwayat chat > Archive all chats/Arsipkan semua chat.

– Untuk mengembalikan seluruh chat itu ke layar, kamu bisa masuk ke Chat history/Riwayat chat lalu pilih Unarchive all chats/Buka arsip semua chat.

Atau masuk ke bagian “Archive chat/Arsip chat” > tap dan hold satu chat > tap titik tiga di kanan atas lalu “Select all/Pilih semua” untuk mengembalikan seluruh chat yang terarsip ke layar. [Detik.com]

Related posts