Banda Aceh komit penuhi 20 persen RTH

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Minggu (3/2) menanam pohon di Taman Krueng Neng, Gampong Surien Kecamatan Meuraxa bersama alumni Fakultas Pertanian Unsyiah angkatan tahun 1984.

Wali Kota yang didampingi istri, Hj Nurmiaty AR menanam sebatang pohon jambu madu di ruang publik, taman yang dibangun Pemko Banda Aceh tersebut.

Kegiatan ini merupakan program dari alumni Fakultas Pertanian angkatan 84 yang sedang mengadakan kegiatan reuni di Banda Aceh.

Aminullah sangat mengapresiasi inisiatif dari para alumni Fakultas Pertanian ini. Katanya, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan nyata terhadap program penghijauan Pemko yang ingin memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 20 pesen.

“Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para alumni. Tentunya ini bentuk dukungan terhadap program penghijauan Kota Banda Aceh. Kita sedang berupaya memenuhi RTH sebanyak 20 %. Kita sudah memiliki RTH 13 % dari luas kota 61 KM persegi, hanya tinggal 7 % lagi,” kata Aminullah.

Dengan dukungan dari masyarakat dan komunitas seperti alumni Fakultas Pertanian, Aminullah sangat optimis RTH yang diamanahkan oleh undang undang nomor 26 tahun 2007 sebanyak 20 % kewajiban Pemerintah dan 10 % kewajiban private akan segera terwujud.

“Program ini harus dijalankan bersama sama, bukan hanya Pemko saja. Karenanya kegiatan seperti ini menjadi langkah konkrit untuk memenuhi target RTH dan membuat kota kita menjadi sejuk, indah dan nyaman,” ujar Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan penanaman pohon di Taman Krueng Neng, Ridwan menyampaikan dirinya dan alumni sangat mendukung program penghijauan kota oleh Wali Kota dan Pemko Banda Aceh.

“Saya pikir program yang dicanangkan Wali Kota dan Pemko terkait penghijauan perlu kita dukung. Karenanya kami menggagas kegiatan hari ini,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, para alumni juga akan melakukan gebrakan lain melalui program wakaf pohon.

“Kami akan keliling ke gampong-gampong untuk dan mensosialisasikan kepada masyarakat. Ada warga yang memiliki pohon tapi tidak tahu mau ditanam dimana. Kami akan menampung dan menyerahkan kepada DLHK3 Kota untuk ditanam,” tambah Ridwan.

Katanya, seluruhnya para alumni memberikan 50 batang pohon jambu, delapan batang pohon mangga dan 100 batang pohon jenis lainnya untuk ditanam di Banda Aceh.

“Hari ini kita tanam bersama Pak Wali ada 5 batang pohon disini. Selebihnya kami berikan kepada DLHK3 untuk ditanam di tempat tempat lain,” jelas Ridwan.

Turut hadir pada acara penanaman pohon ini, Kepala DLHK3 Banda Aceh, Samsuar, Prof Abu Bakar, Camat Meuraxa, Ardiansyah, Staf Ahli Wali Kota, Syukri dan Kabid Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan DLHK3, Dedy Rezika. [Randi/rel]

Related posts