Pemerintah Aceh Bangun 39 Unit Rumah KAT di Sikundo

(ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) H T Ahmad Dadek SH bersama rombongan mengunjungi Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Cermen, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (13/3).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau dan mengasesmen sebelum dilakukan baksos, dan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Untuk pembangunan 39 unit rumah program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) milik Dinas Sosial Aceh. Rumah KAT adalah rumah bertipe Tipe 24.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri mengatakan, kini pihaknya sedang membahas tentang penanganan bantuan Masjid Palu, Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah  MT meminta Dinsos Aceh bersama BPBA memantau langsung kondisi Desa Sikundo.

Ads

“Apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk desa terpencil seperti Sikundo,” kata Alhudri mengungkapkan.

Tidak hanya Sikundo, Nova Iriansyah juga meminta agar Desa Jamat, Kecematan Linge, Kabupaten Aceh Tengah juga dilakukan peninjauan, karena setelah dicarikan informasi awal kondisinya tidak jauh berbeda dengan Sikundo.

“Namun kalau saya lihat di sini agak lebih maju dibandingkan dengan Jamat,” kata Alhudri.

Tapi intinya,  kata Alhudri, Nova Iriansyah memerintahkan pihaknya untuk melakukan bakti sosial tahun ini untuk ke dua tempat tersebut.

Namun Nova Iriansyah kata Alhudri, juga memerintahkan baksos ini nantinya tidak hanya dilakukan oleh satu dinas, melainkan juga diikuti oleh dinas-dinas terkait.

“Seperti Dinas Pendidikan, barang kali juga perlu melihat tentang kondisi pendidikan di sini, Dinas Kesehatan untuk memeriksa kesehatan warga di sini,  begitu juta Dinas PUPR, Perkim dan Pengairan. Mungkin ketiga-tiganya nanti akan ikut bersama Bapak Plt Gubernur Aceh kemudian perkebunan dan pertanian, siapa yang cocok sehingga masyarakat di sini betul betul mandiri,” katanya.

Alhudri menambahkan, bakti sosial di Sikondo dilakukan bukan setelah viralnya jembatan tali Sikundo, melainkan memang sudah direncanakan sejak lama, dan masuk dalam program KAT Dinas Sosial Aceh.

Untuk pembangunan 39 unit rumah KAT, Alhudri mengaku sudah menanyakan langsung kepada Camat Pantee Cermen T Juanda, dan PPTKnya Safwan MM.

“Untuk pembangunan rumah KAT di Dusun Durian akan dibangun 30 unit dan Dusun Sara Saree 9 unit rumah KAT,” katanya.

Dusun Durian dan Dusun Sara Saree adalah dua dusun di Desa Sikundo. Kedua dusun tersebut dihubungkan dengan jembatan ayun (jembatan tali). Sementara untuk jembatan tersebut Pemerintah Aceh akan membangun tahun ini.

“Jembatan ini akan dibangun oleh Pemerintah Aceh Tahun ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Sikundo, Ahmad Juhari, mengaku sangat berterimakasih atas kunjungan Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh dan BPBA.

Ia meminta Pemerintah Aceh untuk segera merealisasikan rencana tersebut, karena menurutnya banyak warganya yang membutuhkan rumah itu.

“Selain itu kita juga meminta pemerintah Aceh untuk membantu bidang perekonomian masyarakat di since the seperti pertanian, dan juga transportasi,” katanya. [Randi/rel]

Ads