Akhir Pekan di Sabang, Ada Festival Kenduri Laot dan Kuliner

Kenduri laot. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Festival Kenduri Laot dan kegiatan kuliner lomba masak Kuah Belangong akan memanjakan pengunjung akhir pekan ini di Sabang.

Lomba yang memperebutkan hadiah total Rp 72 juta ini, akan menjadi ajang bersejarah makan terbesar bagi masyarakat umum pertama kalinya di Kota Sabang. Sebab, hasil masakan itu juga nantinya akan dihidangkan kepada wisatawan dan warga sekitar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Faisal mengatakan, Festival Kenduri Laot akan digelar mulai Jumat besok hingga Minggu, 31 Maret 2019. Kegiatan itu juga akan diselingi dengan masak kuah beulangong.

Ads

Pihaknya juga sudah menyiapkan belasan ribu nasi untuk dicicipi oleh wisatawan yang hadir.

“Kita perkirakan, tersedia 15.000  nasi yang sudah terbungkus daun pisang sebagai salah satu dari syarat perlombaan. Dan wisatawan bebas mau makan apa saja dalam kegiatan itu,” kata Faisal saat dikonfirmasi terkait kegiatan itu, Kamis, 28 Februari 2019.

Menariknya, lomba masak masakan khas Aceh itu juga diikuti oleh chef handal dari seluruh rumah makan yang menjadi favorit di Aceh. Seperti Chef dari rumah makan Lem Bakrie, rumah makan Hasan, Bak Trieng, Dek Gun, rumah makan Ayam Pramugari dan rumah makan Dek Gam 2.

Tentunya, masakan yang diperlombakan oleh Chef berpengalaman ini nantinya akan memiliki cita rasa masakan yang lezat untuk wisatawan.

“Sebagian dari mereka memang sudah memiliki pengalaman dan kelezatan masakannya selain sudah terkenal juga sudah diketahui masyarakat Aceh,” ujar Faisal.

Kuah beulangong merupakan salah satu masakan tradisional yang harus dilestarikan, karena kuah beulangong sering dimasak pada acara kenduri besar, khususnya di Aceh seperti acara pesta perkawinan, kenduri maulid, kenduri blang, kanduri laot dan kenduri-kenduri lainnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempopulerkan kembali masakan tradisional Aceh khususnya masakan kuah beulangong.

“Ini bagian upaya kita dalam melestarikan masakan tradisional Aceh, serta memperkenalkan masakan kuah beulangong kepada wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara,” sebutnya. [Randi]

Ads