Sabang Diprediksi Jadi Pilihan Cruise Dunia

Kapal Pesiar yang singgah di Sabang. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kota Sabang masih tetap menjadi pilihan destinasi kapal wisata berukuran besar sejak beberapa tahun terakhir ini.

Hal ini terbukti semakin seringnya dan semakin meningkatnya angka kunjungan kapal-kapal wisata seperti cruise dan yacht ke daerah setempat.

Dijadikannya Sabang destinasi bagi kapal-kapal wisata, menjadi dasar yang kuat untuk menuntut Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang (BPKS) untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan pelabuhanan, dalam upaya menciptakan kesan nyaman-aman dan nyaman bagi para turis yang berkunjung ke kota sabang via jalur laut.

Baca: MS Europa Kapal Pesiar Kelima yang Singgah di Sabang

“BPKS akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menciptakan rasa aman, nyaman selama singgah di Kota Sabang ini,” ujar Plt Kepala BPKS, Razuardi dalam siaran pers BPKS, Minggu (14/4) usai menyambut kunjungan Kapal Pesiar MS Europa yang tiba di kota Sabang pagi tadi.

Baca: 5 Kapal Pesiar Akan Singgah di Sabang, Angkut Ribuan Turis

Razuardi kembali menyampaikan, Kota Sabang memiliki potensi wisata yang dapat di andalkan dan memiliki nilai jaul yang tinggi ke pasar dunia.

Karenanya, dengan semakin meningkatnya kunjungan cruise dan Yacht ke Kota Sabang ini, tentunya berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim menambahkan, pihaknya kedepan juga akan menargetkan setiap bulan bisa dikunjungi minimal satu kapal. Dan bila hal ini tercapai tentunya akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan dari sisi fasilitas, BPKS akan terus berbenah, dimana ada kekurangan akan dibenahi. Begitu juga dengan koordinasi pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Kota Sabang, Pemerintah Provinsi, Travel Agent, Tour Guide serta pihak-pihak pelaku pariwisata di Kota Sabang ini, sehingga kedepan benar-benar layak sebagai destinasi Cruise Dunia.

“Saat ini cukup memadai untuk menghandle cruise-cruise besar, dimana Dermaga milik BPKS memiliki panjang lebih dari 400 meter dan memiliki laut yang dalam. Namun yang terpenting, pelabuhan kita telah memiliki sertfikat ISPS-Code tentang keamanan pelabuhan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Kapal Pesiar MS. Europa baru pertama sekali singgah di Kota Sabang. Kapal ini memiliki panjang 198 meter dan memiliki bobot 28.890 Gross Register Tonnage (GRT).

Kapal ini dinahkodai oleh Capt. Hartmann Olaf Otto, mengangkut 626 orang yang terdiri dari 347 Penumpang dan 297 Kru kapal. Sebelumnya kapal ini berlayar dari Ko Adang Thailand, dan akan melanjutkan pelayaran ke Srilangka.

Pada sesi penyambutan, BPKS juga ikut melibatkan unsur Forkompimda, Kadis Pariwisata Provinsi, Pemko Sabang,  Travel Agen, Tour Guide, Organda, Permosa (Asosiasi Kendaraan Rental-red) dan para pedagang yang ikut terlibat dalam Bazar yang dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Aceh. [Red]

Related posts