UNBK Sukses 100 Persen, Disdik Aceh Sebut Setara Dengan DKI Jakarta

Memantau UNBK. (ist)
--Ads--

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak tujuh provinsi menjadi penyelenggara ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun ini. Ketujuh provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, dan Aceh.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi Gebyar Hardiknas 2019 di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh.

“Ada tujuh provinsi yang sudah melaksanakan UNBK 100 persen untuk jenjang SMP, SMA, SMK, Paket C, dan Paket C,” kata Kepala Balitbang Kemdikbud, Totok Suprayitno.

Ads

Totok juga memuji perkembangan pendidikan di Aceh yang menurutnya cukup baik. Aceh merupakan satu dari tujuh provinsi yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 100 persen.

“Pemerintah Provinsi Aceh berkomitmen luar biasa terhadap dunia pendidikan, sehingga Aceh dapat melaksanakan UNBK 100 persen pada tahun 2019,” ujarnya.

Ia menuturkan, dengan dilaksanakannya UNBK 100 persen, maka komitmen menjaga integritas UN sangat tinggi, karena gambaran nilai UN bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perguruan tinggi dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Sementara itu, Kepala Dinas Penididkan Aceh, Syaridin menilai dengan suksesnya penyelenggara UNBK di Aceh, membuat Aceh sudah setara dengan pelaksanaan UN dengan kota-kota besar seperti DKI Jakarta.

“Sudah setara dengan Jakarta dalam hal pelaksanaan UN,” kata Syaridin, Selasa (23/4).

Pencapaian ini, kata dia, merupakan sebuah kemajuan yang besar untuk pendidikan Aceh secara keseluruhannya. Dimana Kemdikbud telah mengakui pelaksanaan UN Aceh berada diposisi terbaik dalam 7 Provinsi. [Randi]

Ads