KIP Abdya Gelar Rapat Pleno Terbuka

(ist)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Komisi Indpenden Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten, Senin (29/4).

Rapat pleno terbuka yang di dipimpin Ketua KIP Abdya, Sanusi, berlangsung selama tiga hari di aula KIP setempat. Sanusi mengatakan, pihaknya mengharapkan acara berjalan lancar tidak ada kendala, kalau memang ada permasalahan di tingkat kecamatan akan segera diperbaiki.

“Mungkin ada kekeliruan saksi-saksi didalam menampilkan DA1 itu silahkan berdasarkan jalur, nanti kita akan melayani keberatan dan itu juga harus sesuai dengan rekomendasi Panwas,” katanya.

Ads

Jika ada permasalahan, kata dia panwas harus mengetahui. Ia mengharapkan kerjasama antara Panwaslih dan KIP Abdya.

“Seperti kejadian di Desa Gelumpang Payong Blangpidie yang meminta perhitungan suara ulang, kita dengan PKPU batasnya di kecamatan kalau sudah sesuai dengan C pleno sudah sesuai berarti sudah selesai,” ucapnya.

Ia menjelaskan pertama dibuka C 1 hologram, kalau tidak sesuai antara saksi dan hologram itu, baru dibenarkan untuk membuka C 1 pleno. Tapi, lanjut dia kalau C1 pleno sudah sesuai tidak ada lagi komplain berarti sudah selesai.

“Namun apabila ada juga yang komplin tidak cocok itu dipersilahkan untuk menghitung ulang sesuai dengan rekomendasi panwas,” terangnya. [Jimi Pratama]