3 Kegiatan Ini Bisa Bikin Puasa di Rumah Makin Seru

(net)

(KANALACEH.COM) – Selama 30 hari pada bulan Ramadhan, pasti ada momen di mana Anda berpuasa penuh di rumah bersama keluarga tercinta. Biasanya, hal tersebut dilakukan pada akhir pekan atau masa cuti bersama tiba.

Menjalankan ibadah puasa bersama keluarga memang menyenangkan, tetapi tak sedikit dari Anda mungkin mengalami kebosanan karena melakukan aktivitas yang itu-itu saja, seperti tidur atau menonton televisi.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya Anda mulai mencari aktivitas lainnya yang bisa membuat Anda lebih bersemangat. Aktivitas-aktivitas ini juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan keluarga tercinta. Untuk selengkapnya, simak tips-tips berikut ini.

Ads
  1. Melakukan ibadah bersama-sama

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, Anda bisa mengajak serta anak-anak untuk melakukan ibadah bersama, misalnya mengaji, solat berjamaah, atau menceritakan kisah nabi-nabi.

Untuk aktivitas yang terakhir disebutkan, bahkan bisa dilakukan dengan cara yang lebih kreatif dan memgasyikkan. Pertama-tama, Anda menceritakan terlebih dahulu kisah dari salah satu atau beberapa nabi kepada buah hati.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan membuat permainan interaktif. Misalnya, kuis cerdas cermat. Dengan melakukan permainan ini, tentu akan membuat si buah hati semakin bersemangat. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan role play dengan memerankan tokoh-tokoh yang diceritakan. Dengan cara ini, si anak akan lebih bisa mengambil sisi positif karena memerankan langsung tokoh yang diidolakannya. Jangan lupa pula untuk memberikan reward supaya peserta dalam aktivitas ini lebih bersemangat.

  1. Mendekorasi ulang rumah

Anda bisa mendekor ulang ruangan-ruangan di rumah Anda, misalnya dengan menambahkan sedikit ornamen yang berhubungan dengan bulan Ramadhan. Untuk melakukannya, Anda hanya memerlukan sebuah spanduk buat mengias sekitar pintu masuk. Bahan yang diperlukan pun cukup simpel, yakni bisa menggunakan kertas atau kain.

Kemudian, untuk menentukan ukuran, warna, dan bentuknya bisa melibatkan si buah hati untuk mengasah kreativitasnya. Bila sudah selesai menghias, Anda bisa menambahkan sedikit pencahayaan yang lagi-lagi bisa Anda buat sendiri, misalnya lentera khas beberapa negara Muslim, seperti Mesir atau Maroko.

Anda bisa menempatkan lentera tersebut dengan menggantungnya di dinding, meletakkannya di atas meja dan rak pajangan, atau memosisikannya di pinggiran tangga.

  1. Perbarui perabot rumah

Pada saat hari raya Lebaran tiba, mungkin akan banyak tamu yang hendak berkunjung ke rumah. Anda sebagai tuan rumah, tentu ingin menampilkan yang terbaik dari seisi ruangan di rumah Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan pembaruan perabot di rumah yang mungkin sudah usang. Misalnya sofa yang busanya telah habis, karpet yang penuh noda, atau rak buku yang sudah rapuh.

Namun, bagi Anda yang ingin mengganti perabot, ada beberapa hal yang harus dicermati, terutama bagi Anda yang memiliki rumah tipe minimalis. Rumah minimalis memiliki luas yang terbatas.

Oleh karenanya, melansir artikel di laman Kompas.com, Sabtu (18/5), Anda tak bisa sembarangan memilih perabot karena akan berpengaruh pada perabot lain dan gerak aktivitas Anda di rumah.

Jaga kenyamanan sehari-hari dengan menyesuaikan ukuran dan penempatan barang. Selain itu, kelebihan hunian minimalis terletak pada kesedehanaannya. Menggunakan terlalu banyak perabot akan merusak konsep minimalis itu sendiri.

Di lain sisi, rumah Anda akan terasa penuh dan berantakan. Selain perabot, Anda juga harus memperhatikan perangkat elektronik yang bisa menambah kenyamanan tamu saat berkunjung. Misalnya adalah pendingin ruangan (AC) yang mempunyai peran cukup vital dalam menyejukkan ruangan, terlebih bagi rumah yang berada di negara tropis seperti Indonesia. []

Ads