Pesawat Tempur Prancis Tinggalkan Aceh

Pesawat tempur jenis Rafale milik Angkatan Laut Prancis saat take off meninggalkan Lanud SIM. (Kanal Aceh/Randi)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Dua dari tujuh pesawat tempur milik Angkatan Laut Prancis yang mendarat darurat, kembali terbang meninggalkan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar menuju kapal induk mereka yaitu Charles De Gaule, pada Senin (20/5).

Sebelumnya dua pesawat itu mengalami kerusakan di bagian enzim dan hydro sistem. Sehingga, pesawat tempur Rafale itu terpaksa diinapkan di Lanud Sultan Iskandar Muda, sembari menunggu teknisi yang didatangkan dari kapal induk.

Baca: 7 Pesawat Tempur Prancis Mendarat Darurat di Lanud SIM

Pantauan dilokasi, pukul 10:00 WIB, teknisi pesawat datang menggunakan helikopter jenis NH 90. Berselang dua jam, Pukul 11:00 WIB, dua pesawat tempur kembali bisa terbang menuju kapal induk yang terletak 75Nm dari Banda Aceh arah Barat.

Baca: Ini Keunggulan 7 Pesawat Tempur Perancis yang Mendarat di Lanud SIM 

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief mengatakan, terkait administrasi dan surat lainnya mereka sudah tidak ada masalah dan dinyatakan lengkap.

Baca: 2 Pesawat Tempur Prancis yang Mendarat di Lanud SIM Rusak

“Administrasinya sudah kami cek termasuk dari imigrasi, dan semua clear,” kata Hendro saat ditemui di Lanud SIM.

Ia menyebutkan, selama parkir, pilot pesawat tinggal di Lanud, untuk menunggu pihak tekhnisi datang memperbaiki pesawat tempur mereka. “Mereka tinggal di Lanud. Mereka masuk ke sini karena emergency,” sebut Hendro.

Sebelumnya, tujuh pesawat tempur milik angkatan laut Prancis mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Aceh. Pesawat jenis dassault rafale terpaksa mendarat karena cuaca buruk.

Identitas crew ialah, Bob sebagai Captain Adeleus Thomas yang menunggangi Rafale 38. Lemudian Captain Duboin Jean (Rafale 37) Captain Dennis Pierre (Rafale 45), Captain Hetier Hubert (Rafale 6), Squid/Captain Denis Guiluame (Rafale 21), Lea/Captain Droz Bartholet (Rafale 31), dan Captain Bon Camile (Rafale 42). [Randi]

Related posts