Dilanda Kekeringan, Warga Aceh Besar Salat Istisqa Minta Hujan

Warga menggelar salat Istisqa. (Kanal Aceh/Ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Hujan yang tak kunjung turun selama dua Bulan terakhir membuat warga di sebagian wilayah Aceh Besar mengalami kekeringan. Sehingga mereka tak bisa menanam padi.

Untuk itu, ratusan warga dari tujuh desa di Kemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar menggelar sholat Istisqa untuk meminta hujan segera turun, di areal persawahan setempat, Sabtu (25/5).

Kepala Mukim setempat, Ahannan mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan puncak keprihatinan masyarakat, utamanya petani yang tidak bisa menanam tanaman sejak dua bulan lebih tidak ada hujan.

“Hujan sangat diharapkan, maka kami sepakat melaksanakan shalat Istisqa ini, mudah-mudahan doa kami terkabul dan hujan segera turun,” katanya usai laksanakan shalat Istiqsa.

Menurut dia, hujan yang diharapkan adalah hujan yang berkah dan tidak membawa musibah. dalam kondisi mendapat cobaan dari Allah, termasuk terhentinya curah hujan, umat Islam hanya bisa berpasrah diri kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusia, makanya kita wajib berpasrah diri, mohon ampun segala dosa dan kesalahan, semoga hujan yang kita tunggu segera turun,” ujarnya.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut menunaikan salat istisqa. Dan masyarakat juga tampak membawa dua ekor ayam yang dimasukkan dalam kandang ke lokasi salat. Kata Ahannan, akibat kekeringan tersebut tidak hanya berdampak kepada manusia, tetapi berbagai jenis hewan juga terkena dampak dalam bertahan hidup. [Randi]

Related posts