5 Tips Puasa untuk Penderita Maag

Kenali 'alarm' sakit maag, penyakit yang merenggut Dr Ryan Thamrin
Ilustrasi sakit maag. (Mirror)

(KANALACEH.COM) – Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Itu makanya umat muslim bersemangat menunaikan puasa. Namun perlu diingat bahwa penderita maag butuh trik khusus agar nyaman menjalankan puasa tersebut. Untuk itu, simak sejumlah tips puasa berikut:

  1. Wajib Makan Sahur

Seringkali orang-orang melewatkan makan sahur karena masih mengantuk. Padahal waktu sahur merupakan jam yang tepat untuk makan bagi penderita maag sebelum puasa. Perlu diketahui, sahur diperlukan untuk mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat puasa.

  1. Hindari Makanan Pedas

Tips puasa untuk penderita maag yang nggak kalah pentingnya adalah menghindari makanan pedas saat sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga mengandung banyak lada dapat membuat perut iritasi dan menurunkan fungsi dinding lambung yang berbahaya untuk penderita maag.

  1. Hindari Makanan Mengandung Gas

Tips puasa untuk penderita maag selanjutnya adalah menghindari makanan bergas, seperti sawi, kol, nangka, dan pisang ambon. Kandungan gas yang tinggi pada makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan memicu penyakit maag kambuh saat menjalani ibadah puasa.

  1. Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna

Makanan yang tinggi akan serat seperti almond, pisang, oatmeal, kentang, dan gandum utuh adalah makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Sebab, makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh dan dapat menghindari kambuhnya maag saat berpuasa.

  1. Hindari Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur emang menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk untuk para penderita maag. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan membuat mual. Untuk kamu penderita maag disarankan untuk nggak tidur setelah sahur, jadi kamu bisa memilih waktu sahur di akhir waktu agar bisa melanjutkan dengan aktivitas sehari-hari.

Tips puasa untuk penderita maag lainnya adalah hindari makanan berlemak & digoreng, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk menghindari stres. [Okezone]

Related posts