Jemaah Shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman Membludak

(Foto: IG @abdul_hadi79)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan ribu jemaah memadati masjid terbesar kebanggaan masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, untuk melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8).

Maski membludak, tapi tidak menyurutkan jemaah untuk menunaikan salat Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Pantauan dilokasi, saking penuhnya, jemaah tumpah ruah ke bagian halaman. Kemudian, di halaman masjid juga ada pembatas antara perempuan dan laki-laki. Masjid yang mampu menampung sekitar 25 ribu orang itu, dipenuhi jemaah hingga ke taman masjid.

Jemaah rela shalat beralaskan rerumputan, untuk bisa melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H.

 

View this post on Instagram

 

Shalad Idul Adha 1440 H

A post shared by Abdul Hadi (@abdul_hadi79) on

Sementara jalan di depan Masjid Raya Baiturrahman ditutup, dan digunakan untuk parkir kendaraan jemaah.

Masjid yang memiliki 12 payung elektrik itu, tampak indah. Apalagi cuaca cerah tidak menyurutkan jemaah untuk berbondong-bondong datang ke Masjid Raya Baiturrahman.

Seorang jemaah, Faisal warga Lamlagang, sengaja memilih shalat di Masjid Raya Baiturrahman, meskipun jarak yang dia tempuh sekitar 25 menit dari kediamannya.

“Karena jemaahnya disini (Masjid Baiturrahman) ramai,” ujarnya.

Sementara Khatib Shalat Hari Raya Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman ialah Pimpinan Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng, Aceh Besar, Ustaz Masrul Aidi. Sedangkan Imam Rawatib Tgk H Jamhuri Ramli.

Selain Masjid Raya Baiturrahman, tempat ibadah favorit warga lainnya di Banda Aceh adalah Masjid Makmur, Lamprit, Masjid Kupiah Meukutop, Setui dan Masjid Kopelma, Darussalam. [Randi]

Related posts