Wajah Lama Hiasi Anggota DPRK Abdya Periode 2019-2024

(Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Anggota legislatif terpilih pada Pileg 2019 resmi dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Aceh Barat Daya (Abdya) periode 2019-2024, di ruang paripurna DPRK setempat, Senin (9/9).

Prosesi pelantikan anggota dewan ini sebagian merupakan wajah-wajah lama atau petahana. Mereka ada sekitar 7 orang dan 18 lainnya wajah – wajah baru.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim, mengatakan pengambilan sumpah ini merupakan investasi dan ikrar, dari semua anggota DPRK untuk berjuang untuk kepentingan rakyat melalui tugas dan fungsi dewan.

“Karena dipilih rakyat, tentu dewan punya janji-janji. Kami akan mendukung demi kemaslahatan bersama,” kata Akmal, saat menghadiri pelantikan.

Ayahwa, sapaan Akmal juga menyebutkan sebutan dewan sebagai wakil rakyat hendaknya jangan hanya slogan saja. “Sebutan itu mesti di pegang teguh agar tidak mengalami degradasi makna setelah ibu bapak duduk di lembaga legislatif ini,” kata Akmal.

Selain itu, kerja sama perlu di bangun melalui kemitraan yang setara, sebab sesuai dengan ketentuan perundang undangan, posisi DPRK juga bagian dari unsur penyelenggara pemerintah daerah.

“Jangan sampai justru kita memperhambat jalannya perubahan itu, sehingga kepercayaan rakyat kepada legislatif dan eksekutif menjadi luntur. Ungkap nya

Sementara itu Zaman Akli (ketua DPRK lama) mengatakan, kepada dewan baru ini diharap melanjutkan estafet masa jabatan apa yang Sudah di ukir pada periode sebelumnya.

“Terkait dengan program yang belum tercapai, sesuai dengan pidato ketua tadi dokumen PPAS target awalnya kan terselesaikan di periode kami, Karena waktu sangat mepet Jadi insya Allah akan di selesaikan oleh dewan yang baru,” ujarnya.

Untuk jabatan sebagai ketua DPRK sementara di duduki oleh Nurdianto dari Partai Demokrat dan Wakil ketua Syarifuddin dari PNA. [Jimi Pratama]

Related posts