Sabang Launching Aplikasi Pengaduan Terkait Perkara Tindak Pidana Korupsi

(Kanal Aceh/DA)

 Sabang (KANALACEH.COM) – Untuk menampung peran serta masyarakat dalam meningkatan kualitas penanganan perkara tindak pidana korupsi, Kejaksaan Negeri bersama Wali Kota Sabang melaunching aplikasi La-Rindu, pada Kamis (12/9) di aula lantai IV kantor Wali Kota Sabang.

Inovasi aplikasi La-Rindu (Layanan Penerimaan Laporan dan Pengaduan) merupakan proyek perubahan yang diajukan oleh peserta diklat kepemimpinan tingkat IV angakatan IV Tahun 2019 atas nama Satria Ferry.

Kepala Kejaksaan Negeri Sabang, Suhendra mengatakan, kehadiran aplikasi La-Rindu ini dapat membantu bidang tindak pidana khusus dalam menerima, mengelola, menindaklanjuti laporan dan pengaduan berkualitas, akurat, akuntable serta dapat menjadi alternatif bagi berbagai permasalahan.

Sehingga selain menampung peran serta masyarakat, juga meningkatan kualitas penanganan perkara tindak pidana Korupsi.

“Laporan akan dicatat, dan ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat, serta dapat menyampaikan perkembangan tindak lanjut kepada pelapor,” tegasnya.

Aplikasi ini akan mulai disosialisasikan pada masyarakat, ASN Pemko Sabang, Anak Sekolah, LSM mulai tanggal 16 September mendatang.

Aplikasi yang akan dikembangkan ini direncanakan akan diterapkan pada Kejaksaan Negeri Sabang, namun demikian diharapkan akan dapat diterapkan pada Kejaksaan Negeri – Kejaksaan Negeri lain yang ada di Aceh.

Disamping aplikasi untuk membuat laporan/pengaduan terkait perkara tindak pidana korupsi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti, latihan soal CPNS, resep kuliner, prediksi soal UN, dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Beberapa content yang menarik tersebut merupakan tambahan agar aplikasi tersebut dirasa sebagai sebuah kebutuhan, sehingga  aplikasi ini akan tetap dipergunakan sekalipun bukan untuk melaporkan dugaan tindak pidana korupsi.

Sementara Wali Kota Sabang Nazaruddin menyambut baik aplikasi La-Rindu ini, yang merupakan layanan penerimaan laporan dan pengaduan masyarakat.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Kejaksaan Negeri Sabang yang terus berinovasi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Kami berharap semoga dengan adanya proyek perubahan ini akan membuat kejaksaan negeri sabang semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya, demikian pula dengan program peduli anak bangsa yang ditambahkan dalam aplikasi La-Rindu,” katanya. [DA]

Related posts