Aminullah Minta SDM Kokohkan Pertahanan NKRI

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta Sumber Daya Manusia (SDM) kota untuk mengokohkan pertahanan dari potensi ancaman keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan Aminullah saat membuka secara resmi acara Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan, Kamis (12/9) di Aula lantai IV gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (RI) yang berkerja sama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh dan diikuti oleh seratusan peserta dari lapisan masyarakat, unsur organisasi dan komunitas se-Kota Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pihak Kemhan RI yang telah menggelar kegiatan ini di Banda Aceh.

“Mudah-mudahan dengan acara ini kita dapat menambah ilmu pengetahuan dan memahami tentang berbagai potensi ancaman keamanan Negara dan kebijakan strategis pemerintah dalam menghadapi berbagai ancaman tersebut,” kata Aminullah.

Lanjutnya, roadshow ini juga merupakan salah satu upaya cara dalam menjaga keutuhan wilayah dan persatuan seluruh rakyat di Indonesia. Dan melalui kegiatan ini juga diharapkan para peserta mengetahui bahwa setiap warga negara harus turut serta melakukan bela negara dalam rangka memperkuat pertahanan nasional.

“Karena membela negara merupakan hak dan kewajiban warga negara seperti yang diamanatkan pasal 27 dan 30 UUD 1945. Bela negara dapat diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga negara,” ujarnya.

Pemerintah Kota Banda Aceh, sebutnya, melalui Badan Kesbangpol telah melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan sosialisasi dan forum dialog kebangsaan yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter anak bangsa yang cinta tanah air untuk di implementasi dalam berbangsa dan bernegara.

“Kami telah menggelar kegiatan dengan tujuan sebagai model dan contoh bagi keteladanan keberagaman dan kerukunan,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, Banda Aceh dinilai paling aman karena tidak pernah terjadi konflik sosial berbasis SARA. “Seperti yang kita lihat pada Pemilu serentak 2019 beberapa bulan yang lalu pun berjalan sukses tanpa ada gesekan.”

Aminullah juga mengharapkan kepada Kemhan RI melalui kegiatan Roadshow ini, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Banda Aceh. [Randi/rel]

Related posts