Kabut Asap di Aceh Mulai Berkurang, BMKG: Waspadai Kabut Asap Susulan

Banda Aceh. (foto: kemenag Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hujan yang mengguyur wilayah Aceh, mulai kemarin membuat kabut asap mulai berkurang. Bahkan, di sejumlah wilayah, kabut asap mulai menghilang.

Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, turunnya hujan membuat kabut asap mulai berkurang. “Alhamdulillah kabut asap yang menyelimuti Aceh sudah berkurang banyak dan Aceh sudah hampir normal kembali,” kata Zakaria melalui pesan tertulisnya, Rabu (25/9).

Baca: Kabut Asap Selimuti Aceh, Kemenag Imbau Siswa Madrasah Gunakan Masker

Ads

Ia menjelaskan, dari beberapa kabupaten kota, perubahan jarak pandang sudah mulai terlihat. BPBD Aceh Tamiang melaporkan mulai pagi ini sudah cerah, MBKG Aceh Utara melaporkan jarak pandang 6 km, BPBD Aceh Selatan melaporkan jarak pandang 4 km, Sabang 5 km dan Rembele Pukul 09:00 WIB, pihaknya memperoleh informasi 800 m.

“Khusus Rembile diperkirakan karena geografi dataran tinggi, kabut yang bertahan disana adalah kabut asa bercampur dengan mist (uap air),” ujarnya.

Menurutya, Provinsi Aceh secara menyeluruh kabt asap sudah berkurang. Namun, ia tetap mengimbau agar warga tetap waspada terkait kabut asap susulan.

“Karena kebakaran hutan dan lahan di propinsi lain diluar Aceh masih ada dan arah angin juga mengarah ke Aceh, maka potensi masuknya kabut asap masih ada. Warning supaya tetap mewaspadai kabut asap susulan,” ujarnya. [Randi]