Dinas PUPR Sabang dan FKH Teurawah Gelar Audisi Sekolah Bersih

--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Sabang bersama Forum Komunitas Hijau (FKH) Teurawah, gelar audisi sekolah bersih.

Sekretaris FKH Teurawah Kota Sabang Fatwa Amri mengatakan, kegiatan edukasi ini guna membangkitkan jiwa bersih peserta didik, untuk selalu menjaga kebersihan disekolah dan dilingkungan rumah masing-masing siswa.

“Ada 5 kriteria yang akan dinilai. Mulai Toilet yang meliputi bak air, dinding, lantai, kloset, langit- langit, dan saluran pembuangan. Kemudian Kebersihan kelas, meliputi jendela, langit- langit dan lantai. Selanjutnya lingkungan Sekolah, meliputi halaman, taman, dan tong sampah,” terang Fatwa, Selasa (29/10).

Ads

Tidak hanya itu, ruang guru, yang meliputi debu pada jendela, langit- langit ruangan, lantai, serta ketersediaan tempat sampah di dalam ruangan juga akan dinilai oleh pihaknya.

Sementara penialaian yang terakhir adalah manajemen sampah, yang meliputi ada tidaknya TPS, ada tidaknya petugas kebersihan, bank sampah, inovasi penanganan sampah, serta kampanye kebersihan, baik melalui tulisan maupun imbauan melalu pengeras suara setia jam istrirahat tiba.

Kegiatan kali ini untuk menjaga independensi dalam penilaian FKH Teurawah melibatkan sejumlah pihak, baik dari pengurus FKH Teurawah sendiri, Dinas PUPR, perwakilan Unicef, Kotaku, PMI, Dinas Pendidikan, serta unsur media.

Lanjut dikatakan Fatwa, selain mendapat dukungan penuh daru PUPR selaku orang tua asuh dari Forum Komunitas Pecinta lingkungan ini, pihaknya juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Sabang selaku pemberi rekom, serta Fladeo Shoes yang turut mensponsori.

Pihaknya akan menjaring tiga sekolah terbersih. Sementara kunjungan tim penilainya sendiri, akan dilakukan secara dadakan tentunya tanpa mempengaruhi jam belajar para siswa. [DA]

Ads