Aminullah Undang Ridwan Kamil Kuliah Umum di Banda Aceh

(IST)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengapresisasi inovasi yang telah dilakukan oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Ia pun akan mengundang RK untuk suatu waktu mengisi kuliah umum di Banda Aceh.

Ridwan Kamil (RK) menjadi salah satu pemateri pada Economic Leadership for Regional Government Leaders 2019 di Jakarta. Dan Wali Kota Aminullah menjadi salah satu peserta pada ajang yang digelar oleh Bank Indonesia tersebut.

Menurut Aminullah, banyak ide baru yang sederhana yang telah dilakukan oleh RK dengan memanfaatkan teknologi informasi, dalam meningkatkan pelayanan publik sampai ke akar rumput, yaitu masyarakat kalangan bawah dan kelompok tua renta.

Ads

“Banyak aplikasi yang sangat efektif yang telah diimplementasikan Pak RK dalam pemberdayaan ekonomi dan peningkatan pelayanan publik di Jawab Barat antara lain Jabar Digital Center, Desa Digital, One Pesantren One Product (OPOP), Patriot Desa, dan Layad Rawat. Beberapa saya kira bisa kita adop dan terapkan di Banda Aceh,” ungkap Aminullah, Jumat (1/11).

Disamping itu, Aminullah juga sangat tertarik dengan pemaparan RK menjelaskan tentang periode sistem pemerintahan di Indonesia yang mempunyai tiga periode, yaitu Birokrasi 1.0; Rule based governance, Birokrasi 2.0; performance based governance, dan Birokrasi 3.0; dynamic governance.

“Nah birokrasi 3.0 ini seperti dijelaskan RK adalah pemerintahan yang dinamis, sebuah sistem pemerintahan yang siapa saja boleh ikut berpartisipasi dalam pembangunan yg dinamakan kolaborasi. Dengan adanya keterbukaan maka semua stakeholder dapat berperan dalam pembangunan,” ungkapnya.

Selanjutnya yang menjadi atensi wali kota yakni, saat RK menjelaskan tentang fungsi smart city untuk mengontrol sistem internal pemerintahan, sarana untuk berkomunikasi dengan warga, dan mengontrol infrastruktur kota.

Oleh karena itu, Aminullah ingin mengundang RK untuk mempresentasikan ide-ide kreatifnya dalam suatu kuliah umum di Banda Aceh. “Harapan dan tujuan kita satu; memajukan perekonomian kota dan meningkatkan pelayanan publik bagi warga kota Banda Aceh,” ungkapnya lagi.

“Sudah saya sampaikan langsung undangannya kepada beliau, dan tadi saya juga didampingi oleh Pak Zainal Arifin Lubis selaku Kepala BI Aceh. Pak RK menyambut baik atas undangan kita dan insya Allah beliau akan hadir pada saat peringatan tsunami akhir tahun nanti ke Banda Aceh,” ungkapnya. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – BPJS Kesehatan mengalami tunggakan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh hingga Rp 100 miliar, dalam waktu tiga bulan. Tunggakan itu mengakibatkan rumah sakit plat merah tersebut harus meminjam uang ke bank untuk menjalankan operasionalnya. . Hal itu dilakukan karena pihak BPJS Kesehatan belum membayarkan klaim jatuh tempo. Direktur RSUDZA, Azharuddin membenarkan bahwa tunggakan BPJS Kesehatan mencapai Rp 100 miliar. . Tunggakan itu mulai dari bulan Juli hingga September 2019. “Benar (tunggakan BPJS Rp 100 miliar). Kita punya tunggakan yang sudah jatuh tempo selama tiga bulan belum dibayar,” kata Azharuddin saat dikonfirmasi, Jumat, 1 November 2019. . Besaran jumlah uang tersebut, kata dia untuk membiayai seluruh pengeluaran pelayanan kesehatan bagi warga Aceh di RSUDZA selama tiga bulan. Pihaknya, bisa menghabiskan sekitar Rp 40 miliar dalam sebulan untuk menjalankan pelayanan. . Meski begitu, lanjut dia BPJS tetap memberikan solusi untuk RSUDZA. Yaitu dengan cara membayar denda jika manajemen RSUDZA ingin meminjam uang ke bank. . “Tidak ada masalah, kita bisa ngutang ke bank dan BPJS yang menanggung dendanya, BPJS sudah benar, dia ngutang kasih solusinya,” katanya. . Dia mengakui walaupun BPJS punya tunggakan namun pelayanan di RSUDZA Banda Aceh tetap berjalan lancar tanpa ada kendala. “Pelayanan kita tetap tidak terganggu meski BPJS nunggak,” sebutnya. [Randi] . . . #aceh #bandaaceh #bireuen #pidie #pidiejaya #acehbesar #lhokseumawe #acehutara #acehtimur #langsa #acehtamiang #acehtenggara #gayolues #acehtengah #benermeriah #abdya #naganraya #acehbarat #naganraya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #simeulue #sabang #acehjaya #bpjs #bpjskesehatan #rsudza #kabaraceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on