Peringatan 15 Tahun Tsunami Aceh Bakal Diwarnai Gerhana Matahari

  • Whatsapp
Gerhana bulan total atau super blue blood moon. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gerhana Matahari Cincin akan melintasi Indonesia pada 26 Desember 2019. Fenomena ini terjadi tepat saat peringatan 15 tahun Tsunami Aceh.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat Gerhana Matahari Cincin ini dapat diamati dari sejumlah wilayah mulai dari Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara. Adapun Samudera Pasifik hanya berupa gerhana matahari sebagian.

‘Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudera Hindia, Singapura, Indonesia, Malaysia dan Samudera Pasifik,” tulis BMKG melalui akun twitternya, Rabu (11/12).

Di Indonesia, ada tujuh provinsi yang bisa melihat gerhana matahari total adalah Aceh, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Untuk provinsi Aceh, gerhana total hanya bisa dilihat di Kabupaten Simeulue dan sebagian daerah di Aceh Singkil. Gerhana akan terjadi pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB.

“Tapi ada dua kabupaten kota yang terkena yaitu simeulue dan sebagian singkil. Durasi gerhana seluruhnya tiga jam 47 menit 52 detik, sementara durasi gerhana total cincin dua menit 53 detik,” kata Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh beberapa waktu lalu. [Randi]

Related posts