Cuaca Buruk, Dermaga Apung di Pelabuhan Balohan Nyaris Tenggelam

(Kanal Aceh/Arjuna)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Cuaca buruk yang melanda perairan Sabang, menyebabkan ponton dermaga kapal cepat terlepas dari as roda tiang dan hampir tenggelam.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan Sabang Agustiar membenarkan kejadian tersebut yang terjadi tadi malam sekira pukul 21.30 WIB.

Agustiar menjelaskan, ponton kapal cepat yang berada di Pelabuhan Balohan Sabang itu sudah terlepas dari tiang pancang sejak kemarin sore pukul 18.00 WIB. Karena kondisi cuaca pada malam harinya semakin buruk, sehingga tiupan angin kencang dan ombak besar menghantam ponton tersebut dan nyaris tenggelam.

Ads

“Kejadian tadi malam sekira pukul 21.30 Wib yang disebabkan hantaman ombak disertai angin kencang, sejak kemarin sore sudah kita lihat memang ponton sudah terlepas dari as tiang pancangnya,” kata Agustiar, Minggu (23/02).

Agus melanjutkan, pihaknya akan segera mengevakuasi dengan cara menarik ponton tersebut dengan kapal lain untuk segera di docking dan dilakukan perbaikan. Untuk sementara, kapal cepat akan memakai dermaga 2 yang berada disebelahnya sampai dengan dermaga 1 selesai diperbaiki.

Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan kondisi cuaca yang kurang baik, tidak ada penumpukan kenderaan dan penumpang di pelabuhan, sepeda motor dan mobil serta penumpang kapal semua terangkut pada trip pertama PP.

“Pagi ini kapal tetap melakukan pelayaran, tidak ada penumpukan kenderaan dan penumpang di pelabuhan, semua bisa terangkut dengan kapal pada trip pertama hanya tinggal empat unit mobil pribadi saja yang tidak bisa kita angkut karena muatan kapal sudah penuh,” terangnya.

Untuk hari ini pelayaran direncanakan tiga trip, akan tetapi juga melihat kondisi cuaca selanjutnya apabila memungkinkan untuk dilakukan pelayaran maka kapal akan di berangkatkan.

“Tapi apabila kondisi cuaca memburuk maka akan kita lanjutkan besok hari,” tutupnya. [Red]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Aceh untuk memantau proyek jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi IV, pada Jumat (21/2). . Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi menargetkan jalan tol tersebut dapat beroperasi pada lebaran 2020 nanti. Ia menyebut pembangunan jalan tol itu saat ini berjalan dengan lancar. . “Kata Pak Direktur (Hutama Karya) bisa katanya Insya Allah (digunakan saat Lebaran),” ujar Jokowi. . Kata dia, ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi IV dibangun sepanjang 14 kilometer. Hanya saja, Jokowi belum bisa memastikan apakah ruas jalan tol itu beroperasi secara penuh atau fungsional. . Secara keseluruhan, ruas tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74 kilometer. Sementara, ia menyebut proses pembebasan lahan berjalan dengan lancar berkat semua pihak. . “Alhamdulillah tol Banda Aceh- Sigli pembebasan lahannya berjalan dengan sangat baik. Pihak Hutama Karya menyampaikan pembebasan (lahan) rampung, justru kontruksinya juga sudah,” ucapnya. . Pembebasan lahan itu, lanjut Jokowi, berkat kerjasama antara pihak bupati, Gubernur Aceh dan semua instansi yang terlibat dalam proses pembangunan jalan tol. . Jalan tol Sigli-Banda Aceh mulai dibangun pada akhir 2018. Atau sudah berjalan selama 14 bulan. Nilai investasi yang dikeluarkan sebesar Rp12,35 triliun. . Tol Sigli-Banda Aceh nantinya terdiri dari enam seksi, yaitu Padang Tiji-Seulimeum, Seulimeum-Jantho, Jantho-Indrapuri, Indrapuri-Blang Bintang, Blang Bintang-Kuta Baro, dan Kuta Baro-Baitussalam. [Randi] . 📸 @danirandii . #jokowi #jalantol #tol #aceh #sigli #bandaaceh #sibanceh #tolsiglibandaaceh #abdya #acehjaya #acehselatan #naganraya #acehbesar #gayolues #bireuen #pidie #pidiejaya #lhokseumawe #acehutara #langsa #acehtimur #sabang #takengon #subulussalam

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on