Camat Simpang Kiri Instruksikan Kades Berperan Aktif Sosialisasikan SP2020

(Kanal Aceh/Tumangger)

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Camat Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam, Rahmayani Sari Munthe menginstruksikan kepada kepala desa dalam agar berperan aktif dalam mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020).

Instruksi itu disampaikan Camat Rahmayani Sari Munthe saat membuka acara rapat koordinasi kecamatan sensus penduduk tahun 2020 Kota Subulussalam, yang digelar di Ruang Rapat Kantor Camat Simpang Kiri Jumat (28/2).

“Sensus penduduk Tahun 2020 ini merupakan yang ke 7 sejak tahun 1961, dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, Sensus penduduk ini sangat penting, harapan saya agar kita semua sebagai aparat pemerintah dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya sensus penduduk ini demi kemajuan Negara kita Indonesia,” kata Camat Rahmayani Sari Munthe.

Data kependudukan itu nantinya, kata Rahmayani Sari Munthe, juga dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan dalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

Ia juga menginstruksikan kepada para kades di semua desa agar menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 melalui media sosial, membantu penyebaran publisitas SP2020, mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online.

Kemudian membantu petugas sensus serta memberikan arahan dan membuat surat edaran mengenai SP2020.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Subulussalam Abdi Gunawan, mengatakan bahwa keperdulian masyarakat Subulussalam terhadap Sensus penduduk 2020 ini masih kurang.

“Sampai hari ini data yang sudah masuk baru 206 KK dan 290 Jiwa dari 81.000 jumlah penduduk di kota Subulussalam,” kata Kepala BPS Subulussalam Abdi Gunawan

Ia berharap setelah kegiatan rakor kecamatan itu dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti sensus penduduk 2020 secara Online melalui Website sensus.bps.go.id, yang sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari hingga akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2020.

Selanjutnya kata Abdi Gunawan, nanti pada tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020 akan dilakukan verifikasi dan pencacahan lapangan untuk memastikan kebenaran daftar kependudukan. [Tumangger]

Related posts