Indonesia Mulai Impor Alat Rapid Test Corona Dari China

Ilustrasi.

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan, izin dari Kementerian Kesehatan terkait impor alat rapid test virus corona (Covid-19) dari China, saat ini sudah dikantongi.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memastikan bahwa mulai hari ini alat rapid test Covid-19 itu secara bertahap sudah mulai bisa dipesan.

“Alat rapid test sudah bisa masuk mulai hari ini, (izinnya) sudah disetujui. secara bertahap hampir tiap hari akan kita masukkan terus,” kata Arya melalui teleconfrence, Kamis 19 Maret 2020.

Meski demikian, Arya tak memberikan informasi secara lebih rinci terkait berapa jumlah alat rapid test corona yang sudah masuk ke Indonesia.

Dia hanya menjelaskan bahwa Kementerian BUMN melalui melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia atau PT RNI, saat ini telah memesan 500 ribu alat rapid test corona dari China tersebut, yang akan datang secara bertahap.

“Jumlahnya enggak tahu secara detail, tapi yang pasti sudah bisa masuk (ke Indonesia) mulai hari ini,” ujar Arya.

Mengenai distribusinya, Arya menjelaskan bahwa alat rapid test Covid-19 tersebut akan dipasok ke beberapa rumah sakit, yang menjadi rumah sakit rujukan dari pemerintah untuk menangani para pasien corona.

“Penyalurannya akan dikirimkan ke rumah sakit rujukan, yang sudah ditunjuk pemerintah. Tapi mekanismenya B to B (business to business) antar rumah sakit,” ujarnya. [viva]

Related posts