Jokowi Putuskan Akses Masuk dan Transit Indonesia Ditutup

Buka Sail Sabang, besok Presiden Jokowi tiba di Aceh
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk menutup Indonesia sementara waktu dari kunjungan warga negara asing atau WNA. Baik itu yang datang, maupun yang hanya transit.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers usai rapat kabinet terbatas mengenai ‘Penanganan Arus Masuk WNI dan Pembatasan Perlintasan WNA’, Selasa 31 Maret 2020.

“Dan telah diputuskan bahwa semua kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia untuk sementara akan dihentikan,” kata Retno, dalam keterangan persnya melalui vidoe conference.

Ads

Meski ada penutupan akses masuk dan transit ke Indonesia, tetapi tetap ada pengecualian. Yakni mereka yang memiliki atau memegang kartu tinggal sementara, izin tinggal diplomatik, izin tinggal dinas. Meski begitu, terhadap mereka tersebut tetap akan diterapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Ada pengecualian, tapi secara umum kunjungan dan transit ke wilayah Indonesia sementara akan dihentikan,” kata Retno.

Seperti apa detailnya, ia mengaku akan diberi penjelasan dalam waktu yang berbeda. Termasuk kapan mulai berlakunya penutupan wilayah Indonesia dari WNA, baik kunjungan maupun transit tersebut.

“Ini akan dituangkan dalam Permenkumham yang baru,” katanya. [viva]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Singkil Dulmusrid memastikan saat ini tidak ada lagi turis asing berada di Pulau Banyak. Hal ini ditegaskan Dulmusrid usai rapat evaluasi tim gugus tugas penanganan covid-19 di oproom kantor Bupati, Senin (30/2). “Turis-turis yang kemarin berlibur di Pulau, sudah diimbau pulang ke negaranya,” katanya. Dari 25 turis, kata Dulmusrid masih terdapat seorang diantaranya yang belum mau pulang. Sementara sisanya, dikabarkan sudah beranjak dari Pulau Banyak. Baca: Pastikan Negatif Corona, Turis Italia Dites Kesehatan Sebelum Tinggalkan Pulau Banyak “Menurut informasi dari tim, kita akan memaksa turis tersebut angkat kaki, kabarnya hari ini tim bersama kepolisian setempat akan mendatanginya untuk dipaksa pulang,” ucapnya. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #turis #dipulangkan #darurat #cegahcorona #antisipasi #corona #covid_19 #pulaubanyak #penduduk

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kanal Aceh (@kanalacehcom) pada

Ads