Petakan Sebaran Corona, Pengunjung Warkop di Banda Aceh di Rapid Test

Ilustrasi, Pengunjung warkop di Banda Aceh di Rapid Test. (Foto: Humas Pemprov Aceh/Gade)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pengunjung warkop di Banda Aceh kaget saat didatangi tim medis lengkap dengan alat pelindung diri (APD) dan aparat gabungan, Sabtu malam (18/4).

Kedatangan tim medis itu untuk melakukan uji rapid test kepada pengunjung dan pekerja di beberapa warkop di Banda Aceh.

Tim medis yang mendatangi warkop langsung melakukan rapid test secara acak yang ditujukan bagi pengunjung dan pekerja warkop. Awalnya kedatangan tim medis sontak membuat pengunjung yang tadinya duduk secara rapat, langsung memberi jarak duduk.

Dyah Erti Idawati yang ikut dalam rapid test massal itu, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memetakan penyebaran virus corona di Banda Aceh. Kemudian, mensosialisasikan pencegahan penularan Covid-19, kemudian menerapkan physical distancing kepada pengunjung warkop.

Kata Dyah, ada sekitar 3000 alat rapid test yang akan di uji kepada pengunjung warkop dan pekerjanya. Kegiatan itu juga akan berlangsung secara berkala. “Kita launching rapid test secara massal, sekaligus untuk melihat sebaran,” kata Dyah Erti.

Jika ada nantinya yang terindikasi positif lewat rapid test, pihaknya akan mengambil KTP pengunjung atau pekerja di warkop itu, untuk kemudian dilakukan pemeriksaan spesimen swab lewat lab PCR. Untuk menentukan apakah orang tersebut negatif atau positif corona.

“Ada 3.000 (alat rapid test) untuk Banda Aceh, besok malam juga akan dilakukan,” ujarnya. [Randi]

Related posts