Nurmiaty Bagi-bagi Masker dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Pasar Tradisional

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR kembali melakukan aksi bagi-bagi masker bagi warga kota.

Kali ini, istri Wali Kota Banda Aceh ini menyasar pasar-pasar tradisional yang dinilai berpotensi terjadinya penyebaran Corona virus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan COVID-19.

Bersama anggota PKK dan Dekranasda Kota Banda Aceh, Nurmiaty menyisir gang-gang sempit di pasar sayur Peunayong. Ia menyapa Nyak-nyak penjual sayur dan warga yang sedang berbelanja sambil membagi-bagikan masker.

“Ini Pak, Ibu maskernya, tolong kalau beraktifitas di luar rumah wajib pakai masker. Ini untuk kebaikan kita semua mencegah penyebaran wabah ini,” ujar Nurmiaty, Kamis (30/4).

Ia juga menyarankan agar proses transaksi di pasar tersebut harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, yakni dengan selalu menjaga jarak.

Menurut Ketua PKK Kota Banda Aceh ini,  pasar merupakan tempat berisiko tinggi penyebaran virus corona, karena terjadi interaksi langsung antara pedagang dengan pembeli, bahkan tidak bisa dipungkiri terjadi kerumunan massa.

“Karenanya kita berinisiatif untuk menyasar pasar-pasar, meyosialisasikan pencegahannya kepada pelaku pasar, baik kepada pedagang ataupun pembeli. Sekalian kita membagikan masker agar dapat digunakan setiap beraktifitas di pasar,” kata Nurmiaty.

Saat melakukan sosialisasi, Nurmiaty tidak bosan-bosannya mengingatkan poin-poin penting pencegahan virus corona, seperti jaga jarak, sering-sering mencuci tangan dengan sabun hingga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan imun tubuh.

Usai mengunjungi pasar sayur, Hj Nurmiaty kemudian melakukan kegiatan serupa di Pasar Ikan Peunayong. Kemudian ia melanjutkan perjalanan menuju Pasar Peuniti.

Untuk beberapa Pasar Tradisional tersebut, Nurmiaty dan anggota PKK serta Dekranasda Banda Aceh membagikan lebih dari 2.000 masker.

Masker tersebut merupakan hasil karya sejumlah UMKM di Banda Aceh yang didorong Pemko tetap berdaya meski di tengah pandemi corona. [Fahzian/rel]

You may also like