Benda di Fly Over Simpang Surabaya Ternyata Bukan Bom

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Benda yang diduga merupakan bahan peledak yang ditemukan tadi siang, Minggu (21/6) di jembatan Fly Over, Simpang Surabaya, Banda Aceh ternyata bukan bom.

“Benda yang menyerupai bahan peledak tersebut yang berisikan butiran mimis, lempengan besi, serta kabel ternyata tidak memiliki hulu ledaknya,” kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto.

Benda yang terbungkus rapi dari botol minuman mineral tersebut hanya menyerupai sejenis mortir yang di lakban serta diisikan lempengan dan butiran mimis, dan tidak tersambung dengan pemicu arus, dan ini tidak akan meledak.

“Namun, kita tetap harus waspada mengingat kondisi Provinsi Aceh, khsusunya wilayah hukum Polresta Banda Aceh dalam keadaan kondusif. Jangan sampai ada pihak tertentu yang ingin mengacaukan perdamaian Aceh,” tuturnya.

Seperti berita sebelumnya, sejumlah polisi mengamankan benda yang di duga bom yang dijadikan pemberat yang di ikatkan pada sehelai bendera Bulan Bintang di jembatan Fly Over, Simpang Surabaya, Banda Aceh.

Benda yang diikat dengan tali warna biru pada sehelai bendera bulan bintang itu, dipasang oleh oknum tertentu yang ingin mengacaukan perdamaian Aceh selama ini.

Kata Trisno, ada oknum tertentu yang ingin memperkeruh perdamaian di Aceh dengan cara mengibarkan bendera Bulan Bintang di pusat perkotaan Banda Aceh yakni di bawah jembatan Fly Over Simpang Surabaya.

Namun dengan keberanian sejumlah personel Polresta Banda Aceh dan tim Jihandak Sat Brimob Polda Aceh, benda asing yang dijadikan pemberat tersebut berhasil dievakuasi ke badan jalan untuk diamankan.

Trisno Riyanto mengajak seluruh warga untuk menjaga perdamaian Aceh yang selama ini terjaga dengan baik dan jangan ada yang memperkeruh suasana Aceh dengan hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan tindak tegas terhadap siapapun yang akan merusak perdamaian Aceh yang telah terjaga dengan baik selama ini,” ucapnya. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Benda berupa bom yang terbalut bendera bulan bintang ditemukan di jalan fly over, Simpang Surabaya, Banda Aceh, Minggu (21/6). Benda tersebut langsung diledakkan dilokasi oleh tim jibom. Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto mengatakan, benda berupa bom tersebut pertama kali ditemukan oleh pengendara yang melintas di jalan fly over. Kemudian, pihaknya menurunkan tim untuk menyelidiki benda tersebut. Saat diselidiki benda yang terbalut bendera Gerakan Aceh Merdeka (bendera bulan bintang) itu terdapat sambungan kabel dan peluru, yang dimasukkan dalam sebuah botol. ⠀ “Kami melihatnya ada bendera bulan bintang dan benda yang menyerupai bom. Kita duga itu bahan peledak, lalu kita serahkan ke Brimob untuk diperiksa,”kata Trisno kepada wartawan di Mapolresta Banda Aceh. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #mapolresta #kepolisian #teror #bom #bomrakitan #flyover #teroris #ancaman #abdinegara #kepolisian #

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts