Facebook Miliki Cara Baru Perangi Berita Palsu Covid-19

Techchrunch
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Facebook menguji cara baru untuk memeriksa informasi palsu pada unggahan viral sebelum menyebar terlalu jauh. Metode ini semacam “pemutus virus viralitas” yang memperlambat penyebaran konten sebelum moderator memiliki kesempatan memeriksa untuk mengetahui adanya kesalahan informasi.

Dalam laporan baru-baru ini, Center for American Progress (CAP) merekomendasikan pemutus sirkuit viralitas. Ini akan secara otomatis menghentikan algoritme untuk memperkuat pos saat penayangan.

Secara teoritis, ini akan memberi waktu bagi moderator untuk meninjau postingan. Melansir dari Engadget, The Interface, Facebook mengatakan mereka sedang mengujicoba pendekatan yang menyerupai pemutus arus viral, dan berencana untuk segera meluncurkannya.

Ads

Facebook membagikan informasi tentang artikel berita viral dengan mitra pemeriksa fakta, tetapi CAP menyarankan agar tim Facebook sendiri memeriksa konten viral tersebut. Pandemi dan misinformasi seputar Covid-19 telah menyoroti perjuangan Facebook melawan konten palsu.

Platform tersebut telah menghapus tujuh juta postingan karena misinformasi virus corona. Facebook memberi label 98 juta posting lainnya sebagai informasi palsu, tetapi tidak layak untuk dihapus langsung.

Facebook telah mencoba melawan “mitos” Covid-19 dengan pusat informasi “Fakta Tentang COVID-19”, tetapi membatasi algoritmanya bisa menjadi pendekatan yang lebih efektif. [okezone]

Ads