Jokowi Sebut Pembebasan Lahan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Sangat Cepat

Presiden resmikan tol Sibanceh. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Aceh yaitu Sigli-Banda Aceh seksi 4 Blang Bintang – Indrapuri sepanjang 13,5 kilometer, pada Selasa (25/08).

Jokowi mengatakan, pembahasan lahan untuk pembangunan jalan tol pertama di Aceh ini begitu cepat. Dari 74 kilometer yang akan dibangun, lahan yang sudah bebas mencapai 80 persen.

“Pembebasan lahan di Aceh paling cepat sepanjang yang saya tau, sudah 80 persen, ini cepat sekali,” kata Jokowi.

Dengan cara seperti itu, pembangunan jalan tol di Aceh bisa lebih cepat untuk beroperasi penuh. Ia juga meminta daerah lain untuk mengikuti cara-cara yang dilakukan oleh Aceh untuk membebaskan lahan.

“Cara seperti di Aceh ini, agar bisa diterapkan ditempat lain, agar bisa beroperasi penuh. Bila beroperasi, waktu tempuh akan semakin cepat,” ujarnya.

Ia meminta Gubernur Aceh untuk menyambungkan jalan tol tersebut dengan sentra pariwisata, industry, dan lokasi UMKM untuk mendongkrak perekonomian di Aceh secara luas.

“Saya titip ini kepada Gubernur, saya minta disambungkan ke sentra pariwisata, industri agar bermanfaat untuk warga Aceh. Kita harap Aceh bisa jadi epicentrum ekonomi di Pulau Sumatera,” ucapnya.

Tol Sigli – Banda Aceh terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh.

Seksi 1 Padang Tiji – Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum – Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam (5 km). [RANDI]

Related posts