Pembelajaran Bagi Kader, Sapma PP Banda Aceh Nobar Film G30S/PKI

Ilustrasi. (detik)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kota Banda Aceh, malam ini Selasa (30/9/2020), akan menggelar nonton bareng film G30 S/PKI di kantor MPW PP Aceh. Film itu akan diputar mulai pukul 19:30WIB.

Ketua SAPMA PP Banda Aceh, Rifqan mengatakan, pemutaran film tersebut hanya dikalangan internal Sapma PP saja, dan tidak dibuka untuk umum.

“Iya kami akan menggelar nobar film G30 S, tapi nobar ini kami buat untuk internal Sapma, bukan untuk umum,” kata Rifqan saat dikonfirmasi.

Menurutnya, alasan pemutaran film besutan di zaman orde baru itu dilakukan hanya sebagai pembelajaran kepada kader, sekaligus mengingatkan bagaimana PKI di Indonesia.

“Film ini kami putar untuk pembelajaran sekaligus mengingatkan kepada kader kami sendiri apa yang pernah PKI lakukan,” kata Rifqan.

Meskipun ditonton oleh internal Sapma PP Banda Aceh, pemutaran film itu juga akan menerapkan protokol kesehatan bagi kader Sapma PP.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan pemutaran film G30S/PKI tidak dilarang. Meski demikian ia juga menyebut pemutarannya tidak menjadi hal yang wajib.

Mahfud mempersilahkan bagi stasiun televisi yang hendak menayangkan dan memiliki kontrak dengan pemegang hak siar. Selain televisi, YouTube juga disebutnya menjadi alternatif media untuk menonton G30S/PKI.

“Ya jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film, pengkhianatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak, saya sudah mengatakan, pemutaran film itu boleh tidak ada yang melarang tapi juga tidak mewajibkan,” kata Mahfud seperti dilansir laman Suara.com, Rabu (30/9/2020). []

Related posts