Banjir di Langsa Meluas

Langsa (KANALACEH.COM) – Kota Langsa dikepung banjir akibat hujan yang mengguyur wilayah itu sejak Sabtu hingga Minggu (3/1/2021), dimana sejumlah gampong di lima Kecamatan terendam genangan banjir air hujan.

Dari hasil pantauan yang diperoleh, untuk wilayah Kecamatan Langsa Baro yang direndam banjir diantaranya Gampong Karang Anyar, Gampong Geudubang Aceh, Gampong Lengkong, Gampong Paya Bujok dan PB. Seulemak, Gampong Birem Puntung serta Gampong Alue Dua Bakaran Batee.

Dan untuk di Kecamatan Langsa Lama diantaranya Gampong Karang Anyer, Sidodadi, Gampong Pondok Pabrik. kemudian di Wilayah Kecamatan Langsa Barat, Gampong Lhok Bani, Paya Bujok Bramo, Matang seulimeng dan Gampong Sungai Pauh.

Informasi yang diperoleh dikawasan Langsa Timur tak luput rendaman banjir di Gampong Meurandeh dan Gampong Tengoh.

Sementara di Kecamatan Langsa Kota, sebagaian kecil di Gampong Tualang Teungoh dan Gampong Blang pasee.

Dari data sementara yang diperoleh dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa tercatat sebanyak 1.555 unit rumah yang dihuni 6.972 jiwa di rendam banjir air hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan itu sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi.

“Ketinggian air rata-rata mencapai kisaran 20 – 80 centimeter dari lantai rumah penduduk,” kata Kepala BPBD Langsa Riza Pati pada awak media.

Dikatakan, data sementara yakni sebanyak 1.555 rumah terendam banjir di Gampong PB Seuleumak 955 rumah 4.520 jiwa, 125 rumah 475 jiwa di Gampong Karang Anyar, 25 rumah 97 jiwa.

Selanjutnya, Gampong Alue Dua, 200 rumah 870 jiwa di Gampong Birem Puntong, 50 rumah 175 Jiwa Gampong Lhokbanie, 45 rumah 200 Jiwa di Gampong Sungai Pauh.

Menurutnya, data ini masih sementara dan bisa saja berubah mengingat intensitas hujan terus meningkat. Saat ini BPBD Kota Langsa terus memantau situasi seraya memberikan bantuan kepada warga.

Dalam peristiwa banjir air hujan yang mengguyur Kota Langsa ini, Wali Kota Usman Abdullah bersama Tim turun kelokasi melihat langsung situasi.

Related posts