Puncak Arus Balik dari Terminal Batoh Padat

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puncak arus balik libur tahun baru terpantau padat di terminal bus Batoh, Banda Aceh, pada Sabtu malam dan Minggu pagi (3/1).

Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, arus balik itu terlihat dari meningkatnya jumlah penumpang bus yang hendak ke Medan dan juga sebaliknya.

“Ini menunjukkan masyarakat Aceh maupun masyarakat luar Aceh berangsur angsur kembali dari libur panjang, mengingat Besok senin sudah masuk kerja,” kata Dicky dalam keterangannya, Minggu.

Dari hasil pantauan pihaknya, kendaraan pribadi maupun sepeda motor yg ke Medan atau balik ke arah Banda Aceh cukup padat pada hari Minggu pagi.

Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu siang hingga Senin pagi 4 Januari 2021.

“Diperkirakan arus balik akan mengalami puncak pada hari Minggu siang dan malam,” ujarnya.

Dirlantas Polda Aceh mengimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi gangguan selama perjalanan seperti kecelakaan lalulintas, kemacetan dan pelanggaran lainnya.

Menurut Dicky, penyebab Laka Lantas yang terbanyak di Aceh adalah kecepatan tinggi, faktor kendaraan, jalanan rusak, cuaca hujan dan mengantuk karena kelelahan mengemudi.

“Apabila mengantuk pengemudi kendaraan bermotor wajib istirahat supaya tidak terjadi kecelakaan lalulintas. Cek dulu kendaraan sebelum perjalanan jauh, terutama rem dan ban,” ujarnya.

Pihaknya juga meningkatkan patroli, penjagaan dan pengaturan lalulintas dengan melibatkan Sabhara, Satlantas, Brimob, TNI, Dishub, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP selama arus balik. [Rand]

Related posts