BUMDES Nago Resort di Pulau Banyak Barat Siap Sambut Investor Uni Emirat Arab

  • Whatsapp

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Rencana perusahaan dari Uni Emirat Arab (UEA) Murban Energy menanamkan investasinya di Pulau Banyak disambut baik oleh pemerintahan desa setempat.

Salah satunya Kepala Desa Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat, Irwan Hia. Ia menyebut, Desa Haloban memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Nago Resort.

“Kami menyambut dengan baik atas kedatangan investor Uni Emirat Barat ke Pulau Banyak Barat atas rencana investasinya,” kata Irwan Hia melalui percakapan telepon, Selasa 9 Maret 2021.

Di Nago Resort saat ini menyediakan paket wisata pulau dengan hamparan keindahan pasir putih pantai, pemandangan bawah laut yang dangkal dan tempat peristirahatan sejenak yang representatif disertai kantin dan wisata lainnya.

Bahkan pada master plannya, ungkap Irwan, di Nago Resort didesain dengan deretan tempat penginapan seperti gazebo sebagai tempat penginapan dan permainan anak sesuai dengan tagline “Nago Resort Surganya Dunia Pulau Banyak Barat”.

Kantin di Nago Resort menyediakan kuliner khas pulau seperti berbagai macam olahan hasil laut, seperti olahan gurita dan lainnya.

Selama hampir tiga bulan buka, Nago Resort telah menerima pengunjung baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah, bahkan dari luar negeri.

Hadirnya Nago Resort diharapkan dapat membuka kesempatan kerja bagi pemuda setempat dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Muncul kekhawatiran hadirnya investor asing dapat mengancam pengusaha lokal. Irwan pun menampiknya dengan menyebut, bukan persaingan yang ingin ia hadirkan melainkan kolaborasi dengan investor asing tersebut.

“Resort lokal tidak akan menganggap bersaing dengan resort yang akan dibangun oleh investor UEA, melainkan ajakan kerjasama dengan mereka sehingga pulau kecil yang belum maksimal pengelolaannya dapat dikembangkan,” tambahnya.

Ia melihat dengan hadirnya investor asing dapat meningkatkan sektor perekonomian masyarakat kepulauan yang lebih baik lagi.

“Memang ada sisi persaingan, tapi jika dilihat dari sisi positifnya yang lain, bukan bersaing tapi kerjasama. Pengusaha lokal tidak merasa terancam dengan hadirnya investor asing, malah bersyukur,”

Irwan mengatakan, jika nantinya investor UEA menawarkan resort kelas bintang maka untuk pengusaha lokal menawarkan resort di kelas melati. Artinya dalam hal ini, kerjasama saling melengkapi.

Pada Rabu pekan lalu, Direktur Eksekutif Murban Energy Mr. Amine Abid melakukan kunjungannya untuk yang kedua ke Pulau Banyak. Tujuannya guna penjajakan pengembangan pariwisata. Dalam kunjungannya, Ia bersama rombongan Bupati Aceh Singkil sempat mampir ke Nago Resort.

Bahkan keesokan harinya Jumat, Murban Energy meneken perjanjian kerjasama itu dengan Gubernur Aceh Nova Iriansyah disaksikan Menko Marves, Luhut Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Al Mazroui sebagai bentuk komitmen investasi senilai Rp 7 Triliun. (Kdf)

 

Related posts