28.2 C
Banda Aceh

Daurah 20 Hari Menghafal Alquran Masjid Oman Resmi Ditutup

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Daurah Al Qur’an Ramadhan 1442 H Masjid Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet akhirnya resmi ditutup.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Remaja Masjid Oman Al Makmur dan didukung penuh oleh BKM Al Makmur ini telah berlangsung selama 20 hari sejak tanggal 16 April 2021 dan ditutup oleh Ketua DPRK Banda Aceh,  Farid Nyak Umar, pada hari ini, Rabu (05/05/2021) di Masjid Oman Al Makmur, Lampriet.

Acara penutupan diawali dengan Tasmi’ 1 Juz Al Qur’an oleh 5 orang perwakilan peserta daurah dan dilanjutkan dengan seremonial acara berupa sambutan dari Ketua Panitia, Ketua BKM Al Makmur dan Ketua DPRK Banda Aceh. Selain itu juga ada pengumuman dan pembagian hadiah bagi para peserta, muhafidz dan muhafidzah terbaik pada akhir acara.

- Advertisement -

Peserta Daurah Al Qur’an Ramadhan

Ketua Panitia, Ustadz Mardani menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini dengan sangat baik, dimana daurah ini telah berlangsung selama 20 hari dan diikuti oleh semua peserta dengan sangat tekun dan ulet.

Ustdz Mardani tidak lupa menyampaikan terima kasih para orang tua peserta, seluruh pengurus masjid, muhafidz muhafidzah, seluruh panitia dan pihak pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini.

Ustdz Mardani juga menambahkan bahwa kegiatan ini sudah berjalan sesuai dengan rundown acara yang telah ditetapkan sebelumnya, termasuk materi tambahan seperti tahsin dan motivasi menghafal yang disampaikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya, bahkan ada Ustadz Taqy Malik dari Jakarta yang berkesempatan memberikan motivasi kepada peserta daurah.

“Bahkan ada beberapa peserta yang mampu menambah hafalan baru sebanyak 3 juz”, tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus BKM Al-Makmur, Dr. Tgk. H. M. Jamil Ibrahim mengatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan kaderisasi untuk para remaja dan anak-anak seperti ini sangat penting untuk menyiapkan kader-kader imam muda yang hafidz dengan qiraah yang benar.

Rencananya kegiatan serupa secara maraton akan terus dikembangkan dengan peserta dari berbagai domisili lainnya dan juga dari berbagai usia.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menuturkan bahwa kegiatan daurah seperti yang dilaksanakan di Masjid Oman Al Makmur ini sangat bermanfaat dalam mendekatkan dan membiasakan anak-anak dengan Al-Quran, yang juga berdampak positif dalam mempersempit kesempatan para remaja terlibat menghabiskan banyak waktu dengan permainan yang sia-sia seperti game online dan semacamnya.

“DPRK sangat mendukung jika kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi tidak hanya terbatas pada bulan Ramadhan, tapi juga di bulan-bulan yang lainnya”, tambahnya.

Kegiatan daurah ditutup dengan resmi oleh Ketua DPRK Banda Aceh yang dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan hadiah berupa uang tunai (bersumber dari Panitia), Quran dengan cetakan lux (sumbangan H.

Berikut rincian hadiah yang diperoleh oleh peserta:

1.Lomba tahfizh surah Al Baqarah putra dan putri, masing-masing mendapatkan :

Juara 1 uang pembinaan 500 ribu, Al Qur’an, Sajadah, sertifikat dan pin

Juara 2, uang pembinaan 400 ribu, Al Qur’an, Sajadah, Sertifikat dan pin

Juara 3, uang pembinaan 300 ribu, Al Qur’an, Sajadah, Sertifikat dan pin

Peserta terbaik putra dan putri masing-masing mendapatkan : Uang pembinaan, 500 ribu, Al Qur’an, Sajadah, Sertifikat dan pin

Muhafizh dan muhafizah terbaik, masing-masing mendapatkan : Uang pembinaan, 500 ribu, Al Qur’an, Sajadah, Sertifikat dan pin

Adapun pengumumannya :

Juara lomba Tahfidz putra:

Juara 1: Muhammad Rafif Naufal

Juara 2: M. Nafis Izzat

Juara 3: Muhammad Abdurraqib

Juara lomba Tahfidz Putri

Juara 1: Nisa Thaharah

Juara 2: Hani Shabrina

Juara 3: Zurriya Karami.

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru