Sejumlah Wilayah di Aceh Berpotensi Hujan Intensitas Tinggi

  • Whatsapp
Ilustrasi. (tribun)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – BMKG Provinsi Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat. Bahkan ada sejumlah wilayah juga berpotensi akan berdampak banjir dalam sekala menengah dan tinggi, tepatnya di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah.

“Keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfif pemicunya antara lain adanya belokan angin di Aceh, gelombang Atmosfir yaitu gelombang Kevin (pola pemanasan skala luas di lapisan Troposfer equatorial) sedang aktif di Sumatra bagian Utara dan Tengah,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad dalam keterangannya, Senin (17/5/2021).

Anomali suhu muka laut, lanjutnya antara +1.0 – +3.0°C di Samudra Hindia Barat Sumut, Laut Andaman dan Selat Malaka. Keadaan ini dapat meningkatkan penguapan serta penambahan massa uap air laut yang dapat memicu pertumbuhan awan konvektif.

Sehingga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat dan sangat lebat di wilayah dengan katgori 6 serta cuaca buruk di Provinsi Aceh.

“Peringatan dini prakiraan cuaca berbasis dampak ini berlaku untuk hari ini 17 April 2021 mulai jam 07.00 –  tanggal 18 Mai 2021 jam 07.00 wib,” ujarnya.

Adapun kategori 6 yang dimaksud meliputi, Nagan Raya, Aceh Barat Daya dan Aceh Barat.

Kemudian di kategori 4 dengan intensitas hujan sedang meliputi, Pidie, Aceh Tengah, Nagan Raya, Aceh Barat, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Pidie, Bireuen, Aceh Besar banda Aceh, Aceh Tenggara, Subulussalam dan Aceh Singkil.

Untuk itu ia meminta masyarakat agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi, terutama untuk selalu wasapada terhadap potensi yang dapat berdampak, seperti banjir untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yang dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan diperkotaan.

Related posts