Atasi Covid-19, MPD Sunat Beasiswa Mahasiswa Aceh Singkil 30 Persen

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Singkil menyunat anggaran beasiswa sebesar Rp 300 juta dari total anggaran beasiswa pada tahun ini sebesar Rp 1 miliar.

Anggaran yang disunat merupakan bentuk refocusing anggaran yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu memberikan stimulus kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ketua MPD Aceh Singkil, Amir Hasan menyebut, pada tahun 2021 ada pemotongan untuk penanganan Covid-19 sebanyak 30 % dari dana beasiswa mahasiswa.

Pemkab melalui APBK menganggarkan Rp 1 Milyar, setelah direfocusing 30 % tinggal Rp 700 juta.

Dengan berkurangnya cost anggaran, dipastikan berdampak pada kuota penerima beasiswa yang biasa mencapai ratusan bahkan ribuan serta nominal beasiswa akan diterima oleh Mahasiswa.

“Mahasiswa yang biasa mendaftarkan berkas pengusulan beasiswa mencapai ratusan orang, bahkan bisa mencapai seribuan dan penyalurannya rata-rata Rp 1 juta per mahasiswa,” kata Amir Hasan ketika dikonfirmasi, Kamis 4 Juni 2021.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi Mahasiswa kategori kurang mampu, berprestasi dan tugas akhir, serta Mahasiswa S1 dan S2 yang study diluar negeri.

Terdapat perubahan skema bentuk anggaran beasiswa ini. Dari sebelumnya berbentuk Hibah kini menjadi Bansos, MPD sedang menunggu Peraturan Bupati (Perbup) terkait pengalihan tersebut.

Pendaftaran pengusulan untuk Beasiswa Mahasiswa direncanakan akan dibuka pertengahan Juli – September 2021 dan dananya dicairkan pada triwulan keempat, yakni bulan Oktober atau November 2021. (Kdfi)

Related posts