Akmal Ibrahim Buka Pelatihan Tahsin, 10 Alumni Timur Tengah Didatangkan ke Abdya

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim mengajak seluruh warga kabupaten setempat untuk memperbaiki serta memperindah cara membaca Alquran.

Hal itu dikatakan saat pelatihan Tahsin yang berlangsung di Masjid Agung Baitul Ghafur.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 10 hari ini dibuka langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Dinas Syariat Islam, selaku pelaksana acara ini mendatangkan sebanyak 10 Alumni Timur Tengah sebagai pelatih.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengatakan, kegiatan yang menjadi gagasannya itu menjadi salah satu cara untuk memperbaiki bacaan shalat, terutama bagi imam.

“Sehingga pembacaan alfatihah tidak sempurna shalat jika salah pengucapannya,” kata Bupati Akmal di Aceh Barat Daya, Selasa, (22/9)

Katanya, tahsin adalah cara memperbaiki dan menyempurnakan bacaan. Dirinya menekankan, bacaan shalat tidak boleh asal jadi. Menurutnya, tidak ada manusia yang sempurna. Namun, semua lebih bisa menjadi baik asalkan mau belajar.

“Sehingga harus disempurnakan lewat belajar,” ujarnya.

Menurutnya, setiap shalat tentu makmum mendengar bacaan imamnya dan jika imam salah mengucapkan bacaan, maka makmum akan pergi ke tempat lain.

“Maka hati-hati, imam harus menjaga makmumnya. Makmum tentu ingin mendapatkan yang terbaik dari imamnya,” ujar dia.

Oleh karena manusia tidak sempurna, maka dari itu jangan pernah berhenti belajar.

“Karena itu adalah salah satu cara kita menyempurnakan salat,” ucapnya.

“Yang penting kita didik generasi kita lebih baik. Pelatihan seperti ini harus sering dilakukan karena itu adalah tugas dinas. Salat adalah ibadah yang paling penting. Urutan ibadah yang paling tinggi adalah salat,”.

Related posts