Akmal Ibrahim Buka Kejuaraan Catur Prakualifikasi Pora

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kejuaraan catur prakulalifikasi Pekan Olah Raga Aceh (PORA) resmi dibuka oleh bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim.

Kejuaraan tersebut berlangsung di aula Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Aceh wilayah Abdya, Jumat (15/10).

Akmal merasa senang dan menyambut baik kejuaraan catur tersebut. Ajang itu menurutnya sangat bagus dalam membina dan menyaring para atlet terbaik agar siap dalam berkompetisi pada PORA XIV di Kabupaten Pidie 2022 mendatang.

“Saya sangat senang dengan olahraga, bahkan di sela-sela kesibukan saya sebagai kepala daerah, pebisnis, petani hingga berkebun, saya masih menyempatkan diri untuk berolahraga,”katanya.

Dirinya mengungkapkan bahwa pemerintah setiap tahun selalu menganggarkan dana untuk sektor olahraga hingga Rp1 miliar lebih setiap tahunnya. Angka itu, tidak terlalu kecil jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Kucuran anggaran untuk sektor olahraga mencapai Rp1 miliar lebih setiap tahun serta tidak dipotong sedikit pun termasuk anggaran untuk KONI Abdya.

Katanya, hal ini menunjukan bahwa pemkab Abdya sangat peduli dengan olahraga.

Akmal berharap melalui ajang pra-PORA tersebut dapat melahirkan atlet-atlet terbaik dan memiliki daya saing serta mampu memberikan yang terbaik untuk Abdya khususnya.

“Saya juga berharap, anggaran yang sudah diberikan pemerintah dapat bermanfaat untuk pembinaan olahraga di Abdya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh, Ihsanuddin, mengatakan, pra-PORA tersebut dilaksanakan untuk menyeleksi atlet cabang olahraga catur yang akan bertanding pada kegiatan PORA XIV di Kabupaten Pidie pada 2022 mendatang.

Untuk nomor yang dipertandingkan yaitu nomor catur standar atau klasik perorangan dan beregu.

“Ada sebanyak 236 peserta dari 22 kabupaten/kota yang ikut dalam ajang ini. Nantinya, peserta yang dinyatakan lolos ke PORA XIV adalah dari peringkat 1-7 terbaik dari 22 kabupaten/kota,” terangnya.

Mereka yang lolos dengan peringkat itu, tambahnya, akan mengikuti PORA di Kabupaten Pidie 2022 mendatang.
Dalam pembukaan kejuaraan catur itu, turut dihadiri unsur Forkopimkab Abdya, Ketua Percasi Abdya dan pengurus, serta para atlet dari 22 kabupaten/kota di Aceh.

Related posts