Belum Ditemukan Varian Baru Covid-19 di Aceh Singkil

Kepala Bidang Pencegahan Penyebaran Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Singkil, M Raja Maringin. (Kanal Aceh/Khadafi)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil menyatakan hingga saat ini belum ditemukan adanya Covid-19 varian baru di daerah itu.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, Muhamad Raja Maringin mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menemukan varian baru Covid-19.

Sebab, untuk mengecek adanya varian baru, biasanya berada di rumah sakit pendidikan yang terdapat praktik kedokteran dan lembaga risetnya.

“Seperti di RSU fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara atau di RS Zainoel Abidin yang terdapat fakultas kedokteran di Universitas Syiahkuala,” kata Maringin saat ditemui dikantornya, Kemarin (18/10/2021).

Ia mengatakan, kasus Covid-19 yang terjadi di Aceh Singkil merupakan varian Symtomp Normativ atau varian Covid-19 secara umum. Dimana gejala penderitanya sesuai dengan petunjuk penanganan Covid-19.

Sebagaimana ramai diberitakan bahwa virus Covid-19 terus bermutasi sehingga memunculkan sejumlah varian baru. Mereka antara lain: Varian Alpha, Beta, Delta, Gamma, Lambda, Zeta, MU dan varian lainnya.

Meski Covid-19 varian baru belum terdeteksi di Kabupaten Aceh Singkil, Maringin mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pada dasarnya seluruh varian Covid-19 itu berbahaya serta mengikuti vaksinasi. (Kdfi)

Burni Telong Festival

Related posts