Warga Ramai-ramai Rekam Harimau dari Dekat Saat Melintas di Bakongan

  • Whatsapp

Aceh Selatan (KANALACEH.COM) – Warga Desa Simpang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan ramai-ramai merekam kemunculan harimau yang melintas di perkebunan warga.

Aksi itu dilakukan warga dari jarak yang cukup dekat. Dari video yang beredar, tampak harimau tersebut tidak bereaksi sedikit pun. Hewan dilindungi itu justru tetap berjalan untuk masuk ke kawasan hutan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, peristiwa itu bermula saat petani di sana sedang bekerja. Saat itu mereka melihat seekor harimau berjalan melintas di hadapan mereka.

Lantas warga yang berada di sana ramai-ramai merekam dan melakukan pengusiran, agar harimau tersebut jauh dari warga.

“Itu kejadiannya pada saat masyarakat ingin mengambil kelapa sawit, kemudian muncul harimau di kawasan itu. Mereka berupaya untuk mengusir tapi harimau itu tidak merespons,” kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis (21/10).

Namun aksi itu sangat beresiko, pihak BKSDA Aceh berharap warga tidak mengulang aksi yang serupa. Apalagi harimau tersebut bisa saja bereaksi dengan menyerang warga jika terganggu.

“Kita lihat itu beresiko juga karena uda terlalu dekat dengan keberadaan harimau,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah menurunkan tim untuk melakukan pengusiran harimau tersebut agar kembali ke habitatnya. Kemudian BKSDA sudah memasang kamera di berbagai titik untuk memantau harimau tersebut.

Warga di sana juga diberikan edukasi untuk tidak mengganggu apalagi memburu satwa dilindungi itu.

“Kita uda berikan pemahaman juga ke masyarakat untuk membatasi aktivitasnya, tidak mengambil langkah-langkah yang dapat mencelakakan diri sendiri,” katanya.

Related posts