Pemuda Blang Makmur Swadaya Bersihkan Jalan Menuju Perkebunan Sawit

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemuda Blang Makmur, Kuala Bate, Aceh Barat Daya (Abdya) gotong royong bersihkan jalan menuju ke perkebunan secara swadaya. Rabu (3/11)

Kegiatan gotong-royong dilakukan lantaran bertahun-tahun jalan rusak tak kunjung diperbaiki.

Kerja bhakti dilakukan sepanjang 5 kilo meter dari Desa menuju ke arah Perkebunan Kelapa Sawit masyarakat.

Hal itu dilakukan mengingat kondisi jalan rusak dan licin yang membahayakan pengendara serta mempermudah untuk mengangkut hasil sawit. Selain membahayakan, perbaikan dilakukan karena memasuki musim penghujan.

Bentuk penanganan darurat tersebut, meliputi pembersihan di pinggir jalan hingga penutupan lubang yang menganga di sepanjang jalan. Warga juga mengerahkan satu alat berat lantaran banyaknya timbunan lumpur.

Keuchik Blang Makmur Isjamal mengatakan, kegiatan gotong-royong lantaran warga mengeluhkan dengan kondisi jalan. Dengan kondisi jalan yang penuh lubang dan lumpur.

Meski kondisi rusak, selama bertahun-tahun belum ada perbaikan
Atau ditimbun dengan pasir.

Padahal kata dia, jalan tersebut merupakan akses utama sebagai aktivitas ekonomi bagi warga. Selain itu, jalan tersebut merupakan akses paling dekat untuk membawa hasil panen.

“Jalan ini sangat vital karena untuk pengangkutan hasil kebun”. Ujar Isjamal

Kegiatan gotong-royong tersebut diikuti dari warga warga setempat. Mereka dengan antusias memperbaiki jalan secara swadaya.

“Dengan semangat, mereka membersihkan dan menutup lubang jalan menggunakan dalat berat dan cangkul”. Katanya

Isjamal didampingi Sekdes Irwan Hamdi pun berterima kasih kepada seluruh warga dan pihak yang telah berpartisipasi. Dengan membantu tenaga yang luar biasa dapat memperlancar aktivitas bersama.

“Semoga dengan ini pemerintah desa dengan warga akan membawa perubahan yang baik dalam pembangunan. Pemerintah daerah juga agar memperhatikan masalah jalan, perawatan dan pemeliharaan badan jalan maupun drainase,” pungkasnya.

You may also like